Ajang "Ngayogjazz" 2023 tampilkan kolaborasi Eva Celia-Mldjazzproject

id ngayogjazz,Eva Celia,Mldjazzproject

Ajang "Ngayogjazz" 2023 tampilkan kolaborasi Eva Celia-Mldjazzproject

Kolaborasi penyanyi Eva Celia (dua dari kiri) bersama grup musik jazz Mldjazzproject All Stars pada festival musik "Ngayogjazz" 2023 di Desa Gancahan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (18/11/2023). ANTARA/istimewa

Yogyakarta (ANTARA) - Penyelenggaraan festival musik "Ngayogjazz" 2023 di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menampilkan kolaborasi penyanyi Eva Celia dan grup musik Mldjazzproject All Stars.

Perwakilan Mldspot, penyelenggara kegiatan itu, Andrianto W. Nuswanto dalam keterangan yang diterima di Yogyakarta, Ahad (26/11) menjelaskan kolaborasi Eva Celia-Mldjazzproject All Stars, yang merupakan jebolan ajang Mld Jazz Project, tampil memukau.

Penampilan Mldjazzproject dan Eva Celia adalah panggung yang paling menyedot perhatian masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Desa Gancahan, Kabupaten Sleman, DIY, pada Sabtu (18/11) 2023 itu berhasil menyedot atensi ribuan penikmat musik, khususnya para pecinta musik dari Yogyakarta dan berbagai kota Indonesia.

Puluhan musisi tampil apik membawakan musik jazz yang dibalut secara kreatif dan modern dengan berbagai nuansa etnik. 

Ajang Ngayogjazz tahunan ini memang dikenal dengan
mengedepankan konsep dan kearifan nilai-nilai lokal khas Yogyakarta yang unik.

Ngayogjazz 2023 mengusung tema "Handarbeni Hangejazzi", diambil dari bahasa Jawa, yakni handarbeni yang berarti perasaan memiliki, ikut bertanggung jawab, menjaga, melestarikan dan melindungi apa yang dimiliki tersebut. 
Sementara hangejazzi, dalam hal ini adalah kata-
kata yang disematkan dengan konteks kolaborasi dan pertunjukkan pentas dalam berbagai bentuk dan warna.

Pada ajang musik Ngayogjazz 2023, terdapat empat panggung besar tempat para musisi tampil yakni Panggung Hangayomi, Panggung Hanresnani, Panggung Hanyengkuyung, dan Panggung Hamengkoni Mldspot Stage Bus. 

Dari keempat stages ini, salah satu panggung yang ramai dikunjungi para penonton baik masyarakat lokal, maupun turis
mancanegara adalah Panggung Hamengkoni, di mana penyanyi Eva Celia, yang merupakan putri pasangan musisi Indra Lesmana-Sophia Latjuba tampil.

Panggung Hamengkoni Mldspot Stage Bus dipadati penonton, baik warga lokal maupun kota-kota sekitarnya. 

Mereka terlihat turut bernyanyi sepanjang kolaborasi apik ini, dan sesekali terlihat para penonton asyik menikmati lagu sembari bergoyang.

Andrianto W. Nuswanto menambahkan tema Ngayogjazz tahun 2023 ini sejalan dengan visi dan misi Mldspot, yakni konsistensi dalam berpartisipasi mendukung keberagaman musik jazz di Indonesia. 

Melalui ajang ini, pihaknya mengenalkan jazz sebagai genre musik yang muda, asyik, seru dan dapat dinikmati semua
kalangan. 

"Pada malam itu bisa dilihat, jazz bisa merakyat dan penggemarnya saat ini juga sudah banyak generasi muda," katanya.