Polda Papua siap beri pengamanan maksimal kedatangan jenazah Lukas Enembe

id mantan gubernur papua, kapolda papua, irjen mathius fakhiri

Polda Papua siap beri pengamanan maksimal kedatangan jenazah Lukas Enembe

Terdakwa kasus dugaan suap dan penerimaan gratifikasi Lukas Enembe menyapa pendukunggnya usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (19/10/2023). Majelis Hakim menjatuhkan hukuman kepada Mantan Gubernur Papua tersebut selama delapan tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider empat bulan serta hukuman tambahan tidak dipilih dalam jabatan publik selama lima tahun setelah menjalani hukuman. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/tom.

Jakarta (ANTARA) -
Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya Lukas Enembe, dan menyatakan siap memberikan pengamanan maksimal saat kedatangan jenazah hingga prosesi pemakaman di Papua.
 
"Saya mewakili keluarga besar Polda Papua menyampaikan turut berduka yang mendalam atas berpulangnya saudara terkasih kami, Bapak Lukas Enembe, pagi tadi sekitar jam 10.30. Semoga beliau diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa," ujar Mathius dalam keterangannya diterima di Jakarta, Selasa.
 
Jenderal polisi bintang dua itu pun mengajak masyarakat untuk menjaga suasana Natal dan ikhlas menghadapi kepergian Almarhum Lukas Enembe.
 
Mathius menekankan kepada masyarakat Papua pentingnya menjaga ketenangan dan tidak terprovokasi oleh informasi yang belum tentu kebenarannya.
 
Dalam menghadapi momen berkabung ini, Mathius memastikan bahwa upaya pengamanan akan dilakukan secara optimal, sambil tetap memahami dan menghargai budaya serta kepercayaan masyarakat Papua terkait prosesi pemakaman.
 
Dia juga menegaskan bahwa Polda Papua akan terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Papua, serta memastikan proses pemakaman berlangsung dengan khidmat dan lancar.
 
"Keluarga belum memberikan informasi secara langsung kepada saya. Nanti keluarga akan memutuskan di mana almarhum akan dimakamkan. Ini sesuai dengan budaya internal kami di orang Papua, jadi tidak ada seperti anggapan orang begitu," ujarnya.
 
Sambil menunggu keputusan keluarga terkait pemakaman, Mathius kembali mengajak masyarakat Papua untuk menjaga ketertiban dan menghormati suasana Natal yang sedang berlangsung.
 
"Saya yakin bahwa masyarakat Papua akan tetap menghormati suasana Natal dan tetap menjunjung tinggi persatuan serta solidaritas di tengah berbagai cobaan,” kata Mathius.
 
Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengonfirmasi mantan Gubernur Papua dua periode sekaligus terpidana kasus korupsi Lukas Enembe meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa.
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polda Papua beri pengamanan maksimal kedatangan jenazah Lukas Enembe