Dispar Kulon Progo gelar pesta kembang api di Pantai Trisik

id Kulon Progo,Dispar Kulon Progo

Dispar Kulon Progo gelar pesta kembang api di Pantai Trisik

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelenggarakan pesta kembang api pergantian malam Tahun Baru 2024 yang dipusatkan di Pantai Trisik.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito di Kulon Progo, Jumat, mengatakan alasan terpusatnya di Trisik, yakni menyongsong tersambungnya jembatan dari Pandansimo - Trisik.

"Untuk itu, kami membuat event skala besar dan sebagai puncaknya, sekaligus kami akan meresmikan instalasi pariwisata yang ada di lima titik objek wisata," kata Joko Mursito.

Ia mengatakan kegiatan malam tahun baru diisi dengan pesta kembang api hingga konser musik di Pantai Trisik.

Berdasarkan data kunjungan wisatawan saat pergantian malam tahun baru pada 2022 dan 2023, di objek wisata Trisik hanya bisa menampung 5.000 wisatawan. Yang dihalau balik oleh petugas keamanan di depan TPR Trisik lebih dari 2.000 wisawatan.

"Sehingga kalau kita mentargetkan kunjungan pergantian tahun baru 8.000 sampai 10.000 orang, hanya bisa tertampung 5.000 orang," katanya.

Joko Mursito mengatakan sebelumnya Dispar Kulon Progo mengusulkan Pantai Glagah sebagai lokasi perayaan Malam Pergantian Tahun 2024. Sebab lokasi ini dinilai lebih representatif untuk menggelar kegiatan besar.

Namun lokasi kemudian dipindahkan ke Pantai Trisik setelah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Sebab bandara tersebut sangat dekat dengan Pantai Glagah.

"Ada aturan ruang udara yang ketat di sekitar Glagah karena adanya YIA, apalagi nanti akan ada kembang api," kata Joko.

Dispar memastikan aturan ruang udara Pantai Trisik lebih longgar karena cukup jauh dari bandara. Pengelola YIA juga sudah mengetahui jika lokasi kegiatan pindah ke Pantai Trisik.

"Kami berharap perayaan malam tahun baru tetap ramai dan meriah," katanya.

Sekretaris Dispar Kulon Progo Trusta Hendraswara mengatakan ada sejumlah destinasi wisata yang diusulkan sebagai lokasi perayaan Malam Pergantian Tahun. Selain Trisik, lokasi lainnya ada Glagah dan Waduk Sermo.

Dispar Kulon Progo telah menyiapkan berbagai rangkaian kegiatan selama libur Natal dan Tahun Baru. Berbagai kegiatan ini digelar di berbagai destinasi wisata.

"Selain pantai, kegiatan kami gelar di Waduk Sermo, Sungai Mudal, hingga Embung Tonegoro Kalibawang," kata Trusta.