Anak muda harus kuasai matematika dan bahasa Inggris

id Cakap bahasa Inggris,Talenta digital,Kemampuan Matematika,wamenkominfo,nezar patria,kominfo,kemenkominfo

Anak muda harus kuasai matematika dan bahasa Inggris

Arsip foto - Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria di Jakarta, Rabu (13/12/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mendorong anak muda Indonesia menguasai ilmu matematika dan bahasa Inggris agar menjadi talenta digital nasional.

"Selain Matematika, Bahasa Inggris juga memegang peranan krusial di era teknologi digital global," ujar Wamenkominfo Nezar dalam rilis pers di Jakarta, Kamis.

Menurut Nezar, matematika dan bahasa Inggris menjadi kunci perkembangan teknologi di era transformasi digital. Dia menilai setidaknya terdapat tiga peranan krusial bidang studi itu dalam perkembangan transformasi digital.



Pertama adalah logika, operasi, dan simbol matematika merupakan dasar dari programming, coding, serta pengembangan algoritma yang membuat teknologi digital dapat bekerja.

Kedua, metode Modeling, Simulation, and Organization (MSO) matematika juga dimanfaatkan untuk proses pengolahan data pada teknologi digital, seperti proses prediksi polusi udara, pemrosesan gambar, dan sebagainya.

"Ketiga, teknologi seperti internet of things, big data, dan cloud computing memanfaatkan pengolahan data berbasis logika matematika (data analytics) pada prosesnya," kata Wamenkominfo.

Menurut Wamen Nezar, penguasaan bahasa Inggris membuka akses ke berbagai pengetahuan baru, mendukung literasi digital, dan mendorong kegiatan usaha melalui aktivitas di bidang pemasaran dan komunikasi digital.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wamenkominfo dorong anak muda kuasai matematika dan bahasa Inggris
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024