Vietnam memperkuat investasi di Indonesia

id Vietnam, ri-vietnam, menperin, agus gumiwang kartasasmita, vinfast, kendaraan listrik, ev, transisi energi, investasi vi

Vietnam memperkuat investasi di Indonesia

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (keempat dari kiri) turut mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Vietnam Vo Van Thuong di Istana Kepresidenan, Hanoi, Vietnam, Jumat (12/1/2024). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mendukung Vietnam untuk bisa memperkuat investasi di Indonesia, menyusul kesepakatan kerja sama yang dicapai dalam kunjungan Presiden Joko Widodo ke negara tersebut.

Dalam pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dengan Presiden Vietnam Vo Van Thuong, pada Jumat (12/1) di Istana Kepresidenan, Hanoi, Vietnam, Indonesia dan Vietnam menyepakati sejumlah kerja sama, di antaranya peningkatan target perdagangan baru.

“Selain itu, kedua negara telah sepakat bekerja sama di bidang ekosistem mobil listrik dan baterai, serta transisi energi,” kata Menperin Agus dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Menperin menambahkan, Presiden Jokowi menyambut baik komitmen investasi VinFast untuk membangun ekosistem mobil listrik dan baterai di Indonesia.

VinFast merupakan produsen otomotif asal Vietnam yang berencana berinvestasi sebesar 1,2 miliar dolar AS untuk memproduksi kendaraan listrik di Indonesia.
 

“Presiden meyakini bahwa investasi yang berasal dari Vietnam akan memperoleh kemudahan dan perlindungan yang baik, sehingga beliau mendorong perusahaan-perusahaan dari negara tersebut untuk memperkuat investasi di Indonesia,” kata Menperin.

Pada Kamis (11/1), Menperin telah bertemu dengan jajaran VinFast yang menyatakan minatnya untuk menggelontorkan dana guna pembangunan pabrik perusahaan tersebut di Indonesia.

Adapun insentif yang dapat diberikan kepada perusahaan industri kendaraan listrik tersebut meliputi fasilitas tax holiday, tax allowance, insentif bea masuk, serta insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM).

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menperin dukung Vietnam perkuat investasi di Indonesia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024