BPBD Sleman mendirikan posko darurat di lokasi talud longsor

id BPBD Sleman ,Talud longsor ,Posko darurat ,Kabupaten Sleman

BPBD Sleman mendirikan posko darurat di lokasi talud longsor

Kepala Pelaksana BPBD Sleman, Makwan (tengah) saat melakukan koordinasi penanganan dampak talud longsor di Dusun Mlati Glondong, Minggu (21/1/2024) malam. ANTARA/HO-BPBD Sleman

Sleman (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendirikan posko darurat untuk membantu penanganan di lokasi talud longsor di Dusun Mlati Globdong, Kapanewon (Kecamatan) Mlati.

"Talud longsor yang terjadi pagi tadi mengakibatkan bangunan Universitas Mahakarya Asia dan beberapa fasilitas warga rusak," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman, Makwan, di Sleman, Minggu malam.

Menurut dia, BPBD Sleman juga langsung mendistribusikan dukungan peralatan gotong royong dan dapur umum portable untuk penanganan talud longsor itu.

"Kegiatan akan mulai dilaksanakan besok, membuka posko, mobil dapur umum, dengan mengerahkan relawan Kapanewon Mlati, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Sleman, dan Mapala Universitas Mahakarya Asia," katanya.

Ia mengatakan, aktivasi posko darurat ini diperkirakan akan berlangsung selama tiga hari ke depan.

"Kegiatan penanganan dampak talud longsor ini akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan dan semoga segera selesai," katanya.

Makwan mengatakan, kejadian talud longsor tersebut berawal dari hujan deras yang mengguyur wilayah Sleman dalam beberapa hari ini sehingga talud dengan panjang 15 meter dan tinggi tiga meter itu ambrol.

"Hujan deras dengan durasi cukup lama menyebabkan talud rumah ambrol, yang mengakibatkan kamar tidur dan dapur rusak serta bangunan Universitas Mahakarya Asia tertimpa material runtuhan," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024