Berkat konsistensi kebijakan moneter, inflasi terjaga

id Erwin Haryono, BI, Bank Indonesia, inflasi

Berkat konsistensi kebijakan moneter, inflasi terjaga

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono. (ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak.)

Jakarta (ANTARA) -
Bank Indonesia (BI) mengatakan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Januari 2024 terjaga berkat konsistensi kebijakan moneter dan sinergi pengendalian inflasi antarpemangku kepentingan.
 
"Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Januari 2024 terjaga dalam kisaran sasaran 2,5 plus minus satu persen," kata Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono di Jakarta, Jumat.
 
Berdasarkan data inflasi Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi IHK Januari 2024 tercatat sebesar 0,04 persen (month to month/mtm), sehingga secara tahunan menjadi 2,57 persen (year on year/yoy), lebih rendah dari inflasi IHK bulan sebelumnya sebesar 2,61 persen (yoy).
 
Perkembangan inflasi IHK yang terjaga merupakan hasil dari konsistensi kebijakan moneter serta sinergi pengendalian inflasi antara Bank Indonesia dan pemerintah pusat dan daerah dalam Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID) melalui penguatan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di berbagai daerah.
 
Ke depan, Bank Indonesia meyakini inflasi akan tetap terkendali dalam kisaran sasaran 2,5 plus minus satu persen pada 2024.
 
Erwin menuturkan inflasi inti pada Januari 2024 tetap terjaga rendah dengan posisi di level 0,20 persen (mtm), sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,14 persen (mtm).
 
Realisasi inflasi inti tersebut disumbang terutama oleh komoditas emas perhiasan, biaya sewa rumah, dan biaya kontrak rumah.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BI: Inflasi Januari 2024 terjaga berkat konsistensi kebijakan moneter
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024