Tarian Indonesia ditampilkan di festival budaya Australia

id indonesia dan australia,kbri canberra,budaya indonesia,diplomasi budaya,lutung kasarung,festival budaya,tari saman

Tarian Indonesia ditampilkan di festival budaya Australia

Tim kesenian dari KBRI Canberra dan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (FPBS UNJ) usai tampil dalam agenda Festival Multikultural Nasional 2024 di Canberra, Australia, Sabtu (17/2/2024). ANTARA/HO-KBRI Canberra.

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Canberra, Australia, menghadirkan tarian dari berbagai daerah di Indonesia dalam Festival Multikultural Nasional 2024 yang diselenggarakan pemerintah setempat pada Sabtu.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Canberra Mukhamad Najib mengatakan bahwa untuk agenda tersebut, pihaknya menampilkan kesenian tari saman dari Aceh, tari randai dari Sumatera Barat, dan pentas Lutung Kasarung, cerita rakyat dari Jawa Barat.

Najib menjelaskan pertimbangan untuk menampilkan kesenian dari ketiga daerah tersebut adalah supaya masyarakat dunia semakin mengenal kebudayaan Indonesia yang beragam selain hanya budaya Bali yang sudah masyhur.

“Tentu Bali sudah sangat dikenal oleh masyarakat dunia, tapi Indonesia bukan hanya Bali. Kekayaan budaya Indonesia dari berbagai daerah juga penting untuk dikenalkan kepada masyarakat dunia,” kata Najib dalam pernyataan tertulisnya.

“Oleh karena itu, untuk festival tahun ini kami menampilkan budaya Sunda, Minangkabau, dan Aceh yang juga merupakan bagian dari kekayaan nasional kita,” ujarnya.

KBRI Canberra secara khusus mengundang tim kesenian dari Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (FPBS UNJ) untuk tampil dalam Festival Multikultural Nasional 2024. Selain itu, tim kesenian KBRI Canberra turut berkontribusi dalam penampilan tari saman


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KBRI Canberra kenalkan tarian Indonesia di festival budaya Australia