Gubernur mengajak relawan PMI DIY terus tingkatkan kemampuan

id Musker PMI DIY ,Gubernur DIY,PMI DIY

Gubernur mengajak relawan PMI DIY terus tingkatkan kemampuan

Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Musyawarah Kerja (Musker) tahun 2024 di Kabupaten Sleman, Sabtu (17/2/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengajak semua relawan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri dalam menghadapi situasi bencana.

"Kita harus memahami betul tentang apa yang harus dilakukan pada saat bencana, bagaimana memberikan pertolongan medis pada orang yang terluka, dan bagaimana menghadapi situasi yang tidak terduga," kata Sri Sultan HB X dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Gubernur DIY Etty Kumolowati pada Musyawarah Kerja (Musker) Palang Merah Indonesia (PMI) DIY di Sleman, Sabtu.

Menurut Sultan, relawan PMI juga harus belajar bagaimana mempromosikan kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit di masyarakat.

"Selain itu, kita juga harus bekerja sama dengan pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan masyarakat umumnya untuk mencapai tujuan bersama," katanya.

Relawan PMI juga harus terus memperkuat kemitraan dan membangun hubungan yang baik dengan semua pihak terkait, untuk memastikan bahwa bantuan dan dukungan kita dapat diterima dengan baik oleh mereka yang membutuhkan.

"Sebagai organisasi kemanusiaan, PMI telah berperan penting dalam membantu masyarakat yang membutuhkan di seluruh negeri," katanya.

Tugas PMI, kata dia, sangatlah beragam, mulai dari memberikan pertolongan pertama pada saat bencana alam, membantu orang-orang yang membutuhkan di daerah terpencil, hingga mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan PMI yang telah bekerja keras dan dengan penuh semangat dalam membantu masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Musker PMI DIY ini dibuka secara simbolis oleh Staf Ahli Gubernur DIY Etty Kumolowati yang dilanjutkan dengan penyerahan laporan kinerja masing masing perwakilan PMI se-DIY.

Hadir dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Gubernur DIY Etty Kumolowati, Ketua PMI DIY Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo dan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Ketua Panitia Musker PMI DIY Sigit Arifianto mengatakan bahwa kegiatan musker yang diselenggarakan di Kabupaten Sleman ini dimaksudkan untuk melakukan evaluasi kinerja PMI se-DIY tahun 2023 serta membahas rencana kerja pada tahun 2024.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024