Buruan daftar, disediakan KA angkut motor mudik gratis Lebaran 2024

id Kemenhub,kerta api,mudik motor gratis

Buruan daftar, disediakan KA angkut motor mudik gratis Lebaran 2024

Penumpang menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/2/2024). ANTARA FOTO/Didik Suhartono/nz

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan akan memperluas jalur atau jangkauan lintas layanan kereta api saat mudik motor gratis pada Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kami ada sedikit penambahan layanan dibandingkan tahun 2023 yaitu untuk lintas selatan pada tahun yang lalu itu hanya berangkat dari Stasiun Kiaracondong sampai dengan ke Purwosari. Namun tahun ini kami perpanjang lintasan layanannya,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kemenhub Arif Anwar di Jakarta, Jumat.

Arif menyampaikan bahwa fasilitas layanan bertajuk Motis atau “Motor Gratis” pada tahun ini akan melayani tiga lintas pelayanan. Penambahan lintas layanan dilakukan di lintas selatan.

Dia merinci tiga lintas layanan pengangkutan motor gratis bersama orangnya pada saat mudik dan arus balik Lebaran yakni pertama Lintas Utara mulai dari stasiun Cilegon-Jakarta Gudang-Cirebon Prujakan-Tegal-Pekalongan- Semarang Tawang.

Di lintas ini, Kemenhub akan melakukan pengangkutan orang dan kendaraan motor gratis sekali sehari dalam sehari dengan kuota 530 penumpang dan 232 unit motor per harinya.

Kedua yakni lintas tengah mulai dari Stasiun Jakarta Gudang - Cirebon Prujakan - Purwokerto - Kroya - Kutoarjo. Di lintas ini pengangkutan dilakukan dua kali dalam sehari dengan kapasitas penumpang 1.060 orang dan 464 unit motor per harinya.

Ketiga lintas Selatan mulai dari Stasiun Jakarta Gudang - Kiaracondong - Kroya - Gombong - Kebumen - Lempuyangan - Purwosari - Madiun. Di lintas ini kereta api hanya melayani sekali pengangkutan dengan kapasitas 424 penumpang dan 174 unit motor per hari.

“Di lintas selatan ini yang diperluas, awalnya hanya dari Stasiun Kiaracondong ke Purwosari, sekarang mulai dari Jakarta Gudang hingga ke Stasiun Madiun,” jelas Arif.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenhub perluas lintas kereta api jalur mudik motor gratis Lebaran
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024