AMD dukung peningkatan kualitas pendidikan tinggi informatika dan komputer

id amd,amikom

AMD dukung peningkatan kualitas pendidikan tinggi informatika dan komputer

Wakil Rektor 4 Universitas AMIKOM Yogyakarta Arief Setyanto SSi, MT, PhD (kiri) dan Commercial Lead AMD Indonesia Brando Lubis (ANTARA/HO-AMD)

Yogyakarta (ANTARA) - AMD Indonesia mendukung penuh peningkatan kualitas pendidikan tinggi informatika dan komputer di Indonesia khususnya implementasi teknologi yang sejalan dengan komitmen AMD untuk terus berinovasi sehingga mampu mewujudkan sumber daya yang handal di bidangnya.

"Tentu hal itu memerlukan dukungan banyak pihak di mana salah satunya menggandeng Universitas AMIKOM Yogyakarta yang diharapkan dapat menjadi salah satu kampus terapan bagi kampus-kampus atau sekolah lain yang menekuni bidang teknologi informasi," kata Commercial Lead AMD Indonesia Brando Lubis dalam acara teknologi AMD di Universitas AMIKOM Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, latar belakang acara teknologi AMD bersama Universitas AMIKOM Yogyakarta sebagai sebuah kesempatan melakukan sinergi khususnya dengan pihak universitas sebagai bagian dari komitmen AMD untuk turut serta berpartisipasi mendukung kualitas dari lulusan sumber daya manusia untuk mampu bersaing di tengah gempuran persaingan ketat saat ini.

"Diharapkan nantinya, melalui kerja sama yang terjalin, para lulusan teknologi informasi lebih siap terjun langsung dengan memberikan kontribusi nyata di masyarakat," kata Brando Lubis.

Ke depan, kata dia, melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasana buatan tetap menjadi teknologi yang menarik dan menjanjikan untuk dapat diterapkan di berbagai bidang dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada dan yang tak kalah penting adalah dengan mempersiapkan perangkat teknologi pendukung AI yang handal sehingga mampu memberikan kinerja optimal di tengah tuntutan beban komputasi yang tinggi pula," ujarnya.

Ia mengatakan AMD hadir untuk mendukung seluruh kebutuhan transformasi AI dan datacenter di era digitalisasi, dalam acara teknologi persembahan AMD bekerja sama dengan Universitas AMIKOM Yogyakarta, yang menampilkan teknologi prosesor Ryzen PRO 7040 Series Mobile yang baru dan juga jajaran prosesor server EPYC Generasi Keempat dalam jajaran laptop premium dan mobile workstation Windows 11 kelas komersial bertenaga prosesor x86 paling canggih dan hemat daya untuk penggunaan bisnis.

"Prosesor AMD Ryzen PRO 7040 Series Mobile terbaru menghadirkan performa Zen 4 yang canggih dan mesin dedicated AI Ryzen untuk laptop bisnis Windows 11 dari vendor PC terkemuka termasuk HP dan Lenovo. Prosesor AMD EPYC Generasi Keempat yang baru menawarkan performa terdepan dalam komputasi cloud native dan teknis," tutur Brando Lubis.

Wakil Rektor 4 Bidang Kerja Sama Nasional dan Internasional Universitas AMIKOM Yogyakarta Arief Setyanto SSi, MT, PhD mengatakan Universitas AMIKOM Yogyakarta mengaplikasikan AMD Ryzen 7000 series terbaru, dengan platform AM5, fabrikasi 5nm dan menggunakan memory DDR5.

"Selain itu, AMIKOM juga telah menggunakan solusi PC Desktop terbaik bertenaga AMD Ryzen mulai tahun 2018 dengan standar PC yang digunakan untuk lab minimal prosesor AMD Ryzen 7, dan sebagian lainnya menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 dan Threadripper. Hingga kini, total lebih dari 500 PC dari berbagai lab bertenaga prosesor AMD," tuturnya.