LPEM FEB UI-PT PLN bangun strategi energi baru terbarukan

id pln suluttenggo, manado, sulut, ebt

LPEM FEB UI-PT PLN bangun strategi energi baru terbarukan

General Manager PLN UID Suluttenggo Ari Dartomo, di Manado, Sulut, Senin (4/3/2024). ANTARA/Nancy L Tigauw

Manado (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo) bersama dengan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) membangun strategi energi baru terbarukan (EBT).

General Manager PLN UID Suluttenggo Ari Dartomo, di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Senin, mengatakan PLN melakukan best effort, membangun strategi transisi energi yang komprehensif berbasis tantangan eksisting dan solusi di masa depan.

“Sehingga strategi yang dibangun adalah titik temu antara target pengurangan emisi, aspek energy security, dan operasional yang andal, serta aspek finansial yang sehat bagi perusahaan dan keuangan negara,” ujar Dartomo.

Dartomo menjelaskan dalam perjalanan menjadi perusahaan energi bersih, PLN akan memastikan perjalanan transisi energi akan berdampak positif bagi masyarakat good corporate governance (GCG) berkelanjutan akan dijalankan dalam eksekusi transisi energi.

PLN, katanya lagi, telah merancang lima skenario. Dari kelima skenario tersebut, Accelerated Renewable Energy with coal phase down merupakan skenario ambisius dengan penambahan EBT 75 persen dan gas 25 persen, yang akan memastikan pengurangan emisi beyond NDC dengan tetap menjaga keandalan sistem.

Selain itu, Dartomo juga mengatakan akan membangun smart grid dan flexible generation sebagai solusi mengatasi intermitensi Wind & Solar (VRE), sehingga perencanaan penambahan kapasitas VRE dapat ditingkatkan 6x lipat dari 5 GW menjadi 28 GW pada 2040.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PLN Suluttenggo bersama LPEM FEB UI membangun strategi EBT
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024