Menko PMK Muhadjir hadiri Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan

id Menko PMK, Tawur agung,Candi Prambanan, Muhadjir Effendy,Tawur Agung Kesanga

Menko PMK Muhadjir hadiri Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan

Menko PMK Muhadjir Effendy menghadiri acara Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu (10/3/2024). ANTARA/HO-Kemenko PMK

Jakarta (ANTARA) -
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menghadiri prosesi Tawur Agung Kesanga jelang Hari Raya Nyepi di Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu.
 
Menurut Muhadjir candi tersebut merupakan simbol keberagaman yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Adapun Candi Prambanan kini telah ditetapkan sebagai tempat ibadah umat Hindu Indonesia dan dunia.
 
"Candi Prambanan merupakan simbol toleransi dan penghormatan terhadap keberagaman yang dimiliki masyarakat Indonesia," kata Muhadjir dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta.
 
Adapun ritual Tawur Agung di Candi Prambanan itu berlangsung sejak pukul 11.00 WIB hingga 13.00 WIB. Kegiatan ritual keagamaan itu berlangsung lancar dan khusuk.
 
 
Dia menghadiri prosesi itu, bersama dengan ribuan umat Hindu Jawa Tengah dan Yogyakarta, serta pada pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) pusat hingga daerah.
 
Sementara itu, Ketua Panitia Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Brigjen TNI I Ketut Gede Wetan Pastia mengatakan rangkaian kegiatan perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1946 ini terdiri dari Makerti Ayuning Segara, Baksos, hingga Tawur Agung.
 
"Dan puncaknya nanti Dharma Santi Nasional," kata Wetan.
  

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menko PMK hadiri Tawur Agung Kesanga jelang Nyepi di Candi Prambanan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024