ICDX-akademisi terbitkan buku mini komoditas syariah

id ICDX,Ekonomi Syariah,Komoditi Syariah,Komoditi Murabahah,Perbankan Syariah

ICDX-akademisi terbitkan buku mini komoditas syariah

Direktur Utama Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) Nursalam. ANTARA/HO-ICDX.

Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) Nursalam menyatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan akademisi dari berbagai negara untuk menerbitkan buku mini berjudul Commodity Murabahah: an alternative way to scale up Islamic banking and finance industry.

Buku mini tersebut disusun oleh Executive Director Amanie Advisors Dubai, Aiman Aizuddin Rashid, Lalu Dean of International Islamic University Malaysia (IIUM) Institute of Islamic Banking and Finance Malaysia, Rusni Hassan, dan Islamic Finance Expert Brunei Darussalam Central Bank, Mohammad Mahbubi Ali yang juga menjadi narasumber dalam webinar ini.

“Harapan kami, mini book ini dapat menjadi referensi praktis bagi industri perbankan syariah di Indonesia,” kata Nursalam dalam webinar Islamic Finance & Banking Industry Exploration: Emerging Opportunities In Modern Economics di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan laporan Islamic Finance Development tahun 2022, Indonesia ditempatkan pada peringkat ke-7 dengan kaset keuangan syariah secara global. Laporan State of The Global of Islamic Economic (SGEI) tahun 2023 juga mencatatkan ekonomi syariah Indonesia naik menjadi peringkat ketiga.

Kemudian, data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan pada tahun 2023 hingga Juli, total aset keuangan syariah tercatat sebesar 163 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp2.461 triliun. Angka ini naik sekitar 13 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa optimisme juga datang dari Bank Indonesia (BI) yang memproyeksikan pada tahun 2024, ekonomi syariah Indonesia bertumbuh 4,7-5,5 persen yoy.

“Angka-angka tersebut cukup menggambarkan potensi perkembangan ekonomi syariah di Indonesia ke depan. Hal ini juga didukung peta demografi Indonesia, yang memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia yang mencapai 237,56 juta jiwa atau 86,7 persen dari total populasi,” ucapnya.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ICDX bersama akademisi terbitkan buku mini komoditas syariah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024