Cek oli wajib diperhatikan saat mudik-balik Lebaran 2024

id arus balik,mudik lebaran,tips otomotif

Cek oli wajib diperhatikan saat mudik-balik Lebaran 2024

Pekerja mengganti oli mesin mobil di salah satu toko oli di Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (4/4/2024). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/tom.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Bengkel otomotif Indonesia atau PBOIN, Hermas E Prabowo mengatakan bahwa para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dan hendak balik kembali ke Jakarta harus memastikan kendaraan yang digunakan tidak ada kebocoran di bagian oli maupun sistem pengereman.   

“Jika oli mesin, oli rem, oli matic, air radiator berkurang, pastikan ada kebocoran yg serius atau parah atau tidak sama sekali. Untuk oli rem dan air radiator, jangan ada toleransi kebocoran sama sekali, karena berbahaya bagi keselamatan berkendara dan risiko mesin overheat,” kata Hermas E Prabowo kepada ANTARA, Sabtu.

Menurut dia, seringkali para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi abai akan kesehatan kondisi kendaraan yang digunakan. Mereka tidak lagi mengecek kesehatan kendaraan karena mereka berpendapat ketika kendaraan nyala, maka kendaraan dalam kondisi yang prima.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tidak hanya saat mudik, cek pelumas juga wajib dilakukan saat balik
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024