Objek wisata "Giong Siu" ditata gaet wisatawan

id giong siu Mataram

Objek wisata "Giong Siu" ditata gaet wisatawan

Dokumen: objek wisata "Giong Siu" (ayunan seribu) Babakan, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-Disapar)

Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp100 juta untuk penataan lanjutan objek wisata "Giong Siu" (ayunan seribu) di kawasan Babakan, Kecamatan Sandubaya.

"Penataan itu bertujuan, untuk meningkatkan kualitas lingkungan sekitar sehingga mampu menarik lebih banyak lagi pengunjung," Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram Cahya Samudra di Mataram, Sabtu.

Dikatakan, dengan anggaran itu penataan akan dilakukan sesuai kebutuhan di lapangan. Beberapa kebutuhan yang diusulkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat adalah pembukaan akses jalan masuk dan areal parkir.

Alasannya, karena selama ini akses masuk menuju wisata "Giong Siu" saat ini melintasi jalan perumahan atau kawasan BTN sehingga nilai kurang representatif karena bisa mengganggu kenyamanan penghuni perumahan.

Karena itu, pengelola mengusulkan agar pemerintah kota bisa membuka akses masuk langsung ke areal hutan kota "Giong Siu", agar bisa memudahkan pengunjung keluar masuk.

"Untuk usulan pembukaan akses jalan ini, akan kita usulkan sebab program ini pastinya membutuhkan anggaran pembebasan lahan yang cukup besar," katanya.

Sementara untuk usulan penataan areal parkir, kata Cahya, kemungkinan tahun ini bisa dikerjakan dengan anggaran yang sudah disiapkan agar para pengunjung bisa lebih aman dan nyaman selama berada di kawasan tersebut.

"