Menteri PPPA bertemu keluarga RA Kartini diskusikan perempuan

id Bintang Puspayoga ,RA Kartini,perjuangan Kartini,Hari Kartini

Menteri PPPA bertemu keluarga RA Kartini diskusikan perempuan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga (kiri) secara simbolis menyerahkan apresiasi kepada keluarga RA Kartini. (ANTARA/HO-KemenPPPA)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mendiskusikan peluang dan tantangan perempuan Indonesia saat bertemu dengan keluarga RA Kartini.

"Momentum Hari Kartini bisa menjadi semangat bagi kita semua, khususnya bagi perempuan di seantero Nusantara. Tidak pernah ada kata menyerah bagi perempuan. Tidak ada istilah tidak mungkin dan tidak bisa bagi perempuan, asalkan ada kemauan dan kerja keras," kata Bintang Puspayoga dalam keterangan, di Jakarta, Senin, terkait peringatan Hari Kartini.

Bintang pun meminta para perempuan Indonesia agar meneladani perjuangan Kartini untuk terus berkarya mengembangkan potensi diri dan untuk Indonesia yang lebih baik.



"Hal-hal yang sudah diperjuangkan oleh Kartini jangan disia-siakan, semangat beliau harus menjadi inspirasi bagi semua perempuan di Indonesia," katanya.

Namun demikian, menurut dia, saat ini masih banyak tantangan yang dihadapi oleh perempuan terkait ketimpangan dan kesenjangan gender dalam pembangunan Indonesia.

"Di semua daerah, perempuan adalah kekuatan luar biasa, tetapi ketika kita melihat data dan indeks, seperti Indeks Pemberdayaan Gender, Indeks Pembangunan Gender, dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, angkanya masih miris bagi perempuan. Di tengah budaya patriarki yang mengakar berabad-abad, dibutuhkan kekuatan kita untuk mengikis tembok tebal tersebut. Saya melihat, kata kuncinya adalah pengakuan terhadap perempuan," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri PPPA diskusikan perempuan saat bertemu keluarga Kartini
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024