Revitalisasi Cagar Budaya Nasional Muarajambi, warga dilibatkan

id KCBN Muarajambi,Revitalisasi muarajambi

Revitalisasi Cagar Budaya Nasional Muarajambi, warga dilibatkan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bertemu dengan masyarakat melalui Forum Diskusi Terpumpun di Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muarajambi di Jambi, Rabu (24/4/2024). (ANTARA/HO-Kemendikbudristek)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melibatkan warga setempat sebagai pusat perhatian dalam upaya merevitalisasi Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muarajambi.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Fitra Arda menyatakan strategi yang ditetapkan salah satunya dengan memperkuat ikatan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat sebagai fondasi utama dalam proses revitalisasi.

“Pendekatan dari bawah ke atas dalam merencanakan kebudayaan adalah hal yang sangat penting,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Fitra menuturkan mendengar aspirasi masyarakat sangat tinggi sebagai langkah awal dalam penguatan ekosistem KCBN Muarajambi karena merekalah rohnya.

Ia menegaskan dengan menekankan peran sentral masyarakat maka pemerintah berkomitmen untuk memastikan keberlanjutan KCBN Muarajambi termasuk melalui kerja sama yang erat antara pemerintah dan masyarakat setempat.

“Diharapkan tetap menjadi mercusuar budaya yang menginspirasi dan membanggakan bagi bangsa Indonesia,” ujar Fitra.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbud libatkan masyarakat dalam revitalisasi KCBN Muarajambi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024