Bupati Bantul: Hari Buruh ingatkan pentingnya bangun hubungan industrial

id Hari Buruh ,Hubungan industrial ,Harmonis antara pekerja dan pengusaha

Bupati Bantul: Hari Buruh ingatkan pentingnya bangun hubungan industrial

Peringatan Hari Buruh Nasional Tahun 2024 di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Rabu (1/5/2024) (ANTARA/HO-Kominfo Pemkab Bantul)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Abdul Halim Muslih mengatakan peringatan Hari Buruh setiap tanggal 1 Mei mengingatkan pentingnya komitmen membangun kembali hubungan dunia ketenagakerjaan dan industrial yang harmonis antara pekerja, pengusaha dan pemerintah.

"Dengan hubungan industrial yang harmonis, keberlangsungan usaha dan produktivitas akan terjaga dan pada akhirnya menguntungkan semua pihak, baik pekerja maupun pengusaha," kata bupati pada peringatan Hari Buruh 2024 di Kabupaten Bantul, Rabu.



Bupati mengatakan ekonomi akan bertumpu pada sektor industri, sebagaimana karakter ekonomi modern. Sektor industri umumnya relatif rentan terhadap gejolak, sehingga sektor ini perlu dijaga dan dipelihara bersama.

"Gejolak ketenagakerjaan harus dihindari agar kinerja ekonomi daerah terus tumbuh, dunia usaha berkembang dan kesejahteraan buruh meningkat," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Hari Buruh 2024, Fardhanatun mengatakan momentum Hari Buruh Nasional yang dirayakan dengan semangat kebersamaan di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Bantul ini mengambil tema "Kerja Bersama Mewujudkan Pekerja yang Kompeten".

Menurut dia, peringatan Hari Buruh diikuti ratusan peserta yang tergabung dalam asosiasi serikat pekerja dari berbagai perusahaan yang merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantul.



"Kami berharap Pemerintah Kabupaten Bantul untuk tetap memperhatikan kesejahteraan pekerja, baik kesejahteraan di bidang kesehatan, pendidikan, dan lainnya," katanya.

Pada peringatan Hari Buruh juga dilaksanakan penyerahan santunan kepada beberapa pekerja yang mengalami kesulitan, sebagai penghargaan atas dedikasi dalam dunia kerja, dan juga upaya nyata memastikan kesejahteraan mereka di tengah tantangan ekonomi yang terus berubah.