Penduduk diminta jauhi radius 5 kilometer dari kawah Gunung Ruang, Sulut

id Gunung Ruang

Penduduk diminta jauhi radius 5 kilometer dari kawah Gunung Ruang, Sulut

Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro. (Foto diambil beberapa jam sebelum erupsi tanggal 16 April 2024. ANTARA/HO-Pos PGA Ruang (1)

Manado (ANTARA) - Pos Pengamatan Gunung Api (PGA), berharap warga menjauhi radius lima kilometer dari kawah Gunung Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut, Senin.

"Masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung atau wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius lima kilometer dari pusat kawah aktif," tulis Kepala Pos PGA Ruang dalam dalam laporan pengamatan Gunung Ruang hingga pukul 18.00 Wita, di Manado.



Rekomendasi lainnya, masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius lima kilometer agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius tersebut.

Masyarakat juga diimbau selalu menggunakan masker untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

Berikutnya, masyarakat di sekitar Gunung Ruang diharapkan tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi G. Ruang dan serta tetap mengikuti perkembangan aktivitas gunung di Pulau Ruang tersebut melalui aplikasi MAGMA Indonesia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pos PGA ajak warga jauhi radius lima kilometer dari kawah Gunung Ruang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024