Yogyakarta memberlakukan nilai ASPD dalam penerimaan PPDB

id disdkpora DIY,ASPD

Yogyakarta memberlakukan nilai ASPD dalam penerimaan PPDB

Arsip foto - Siswa di SMP Negeri 4 Yogyakarta mengikuti penilaian tengah semester yang dilakukan sebagai bagian dari simulasi PTM terbatas, Senin (20/9/2021). ANTARA/Eka Arifa Rusqiyati/am.

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta menyebut nilai Assessment Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) siswa menjadi pertimbangan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024.
 
"ASPD agar disiapkan betul karena rencananya digunakan untuk pertimbangan nilai dari PPDB," kata Wakil Kepala Disdikpora DIY Suhirman di Yogyakarta, Rabu.

Karena itu diminta seluruh sekolah menengah pertama (SMP) sederajat di DIY memastikan seluruh siswanya mengikuti asesmen tersebut.

"Kemarin hari Senin (ASPD) sudah dimulai, semua siswa SMP mengikuti," ujar dia.

Suhirman menuturkan ASPD untuk SMP/MTs atau sederajat di DIY berlangsung sejak 13 sampai 15 Mei 2024 yang meliputi materi literasi membaca, literasi numerik, dan literasi sains.

Asesmen tersebut bertujuan untuk mendapatkan data sekunder perihal peningkatan mutu pendidikan serta menghasilkan informasi akurat tentang perkembangan mutu dari waktu ke waktu demi memperbaiki kualitas belajar mengajar dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Mengutip laman resmi Disdikpora DIY, khusus untuk lulusan dari luar DIY ASPD akan dilaksanakan pada 30 dan 31 Mei 2024.

Terkait PPDB 2024 di DIY, menurut Suherman, pelaksanaannya masih menunggu terbitnya Peraturan Gubernur DIY.

Meski demikian, dia mamastikan kapasitas tampung dari SMA serta SMK Negeri dan swasta memadai untuk menerima siswa lulusan tahun ajaran 2023/2024 di DIY.

"Yang jelas kuotanya itu lebih dari jumlah lulusan SMP di DIY. Mereka bisa masuk SMA/SMK tapi tidak harus memilih yang negeri," ujar Suhirman.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024