Patroli siber gasak "skincare" ilegal dijual oniine di Indonesia

id skincare,kosmetik ilegal,bpom,etiket biru,patroli siber bpom,perawatan kulit,perdagangan online,e commerce

Patroli siber gasak "skincare" ilegal dijual oniine di Indonesia

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM RI Mohamad Kashuri saat memberikan keterangan kepada wartawan di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (22/5/2024). ANTARA/Tri Meilani Ameliya

Banyuwangi (ANTARA) -
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI terus menggelar patroli siber guna menindak obat perawatan kulit (skincare) dan kosmetik ilegal atau tidak aman yang diperdagangkan secara daring atau online.
 
"Kita melakukan pengawasan melalui patroli siber. Jadi, melalui crawling (mendeteksi) kosmetik-kosmetik yang dijual online yang tidak aman atau yang tidak izin edar, kemudian kita tindaklanjuti," kata Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM RI Mohamad Kashuri kepada wartawan di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu.
 
Dalam patroli siber itu, BPOM bekerja sama dengan sejumlah pihak,  antara lain Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA).
 
Apabila ditemukan skincare dan kosmetik ilegal, kata dia, BPOM akan mengusulkan pemilik platform belanja daring terkait untuk menurunkan konten atau tautan penjualannya.
 
 
Kashuri mengatakan apabila penjual skincare dan kosmetik itu terbukti melakukan tindak pidana, BPOM akan memprosesnya secara hukum.
 
"Kalau dari hasil penelusuran memang ada unsur tindak pidana, tentu kita akan proses secara hukum di sana," ucapnya.
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPOM gelar patroli siber tindak "skincare" ilegal yang dijual online
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024