Pemkab Bantul: Harga bahan pokok jelang Idul Adha relatif stabil

id Kebutuhan bahan pokok ,Pedagang pasar tradisional ,Stok bahan pokok

Pemkab Bantul: Harga bahan pokok jelang Idul Adha relatif stabil

Pedagang kebutuhan bahan pokok pangan di pasar tradisional Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta menyebut  harga kebutuhan bahan pokok pangan di tingkat pedagang pasar daerah ini menjelang perayaan Idul Adha 1445 Hijriah relatif stabil.

"Terkait aspek bahan pokok, menjelang Idul Adha ini secara umum harga harga bahan pokok cenderung stabil, tidak mengalami kenaikan, kalau ada kenaikan harga hanya relatif kecil," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul Husin Bahri di Bantul, Kamis.

Menurut dia, harga kebutuhan pokok pangan di pasaran yang cenderung stabil saat ini dipengaruhi beberapa faktor, utamanya ketersediaan yang cukup dan pasokan dari distributor bahan pokok yang lancar.

"Kecenderungan harga stabil ini dipengaruhi pertama dari aspek ketersediaan bahan pokok juga cukup baik, mencukupi. Kemudian aspek distribusi juga baik, sehingga dengan ketersediaan yang cukup itu tidak terlalu mempengaruhi harga harga," katanya.

Meski demikian, kata dia, terkait dengan komoditas beras, beberapa waktu lalu ada kebijakan pusat yang terkait menaikkan harga eceran tertinggi (HET), atau relaksasi HET yang diarahkan bagaimana meningkatkan kesejahteraan petani.

"Ada kebijakan HET beras dinaikkan, tetapi nanti apakah memberi dampak terhadap daya beli masyarakat, ini masih dalam tahapan kajian, karena ini kebijakan dua sisi, yang satu sisi paling tidak meningkatkan kesejahteraan petani," katanya.

Ia mengatakan, HET komoditas beras saat ini sekitar Rp12 ribu per kilogram dan akan menjadi sekitar Rp13 ribu per kilogram, namun demikian penerapan dan implementasi masih dilakukan pengkajian dan sebagainya.

'Implementasi masih menunggu kebijakan pusat, karena dampaknya dua, petani dan masyarakat atau konsumen. Tapi secara umum kondisi pasokan, dan distribusi ketersediaan barang pokok di Bantul hadapi Idul Adha aman dan baik," katanya.

Berdasarkan data dinas, untuk harga beras premium di pasar rata-rata Rp12.700 per kilogram, minyak goreng kemasan Rp18.000 per kilogram, harga daging ayam rata rata sebesar Rp35 ribu per kilogram, dan harga telur sebesar Rp26.500 per kilogram.

Kemudian harga cabai rawit merah rata rata Rp29.000 per kilogram, cabai rawit hijau sebesar Rp35.600 per kilogram, kemudian harga bawang merah Rp40.500 per kilogram, dan bawang putih sebesar Rp43.600 per kilogram.