Wapres: Santri tiru Mesir kembangkan produk kopi dan rempah

id WAPRES,MA'RUF AMIN,KOPI REMPAH,SANTRI,PONPES ,UMKM PESANTREN

Wapres: Santri tiru Mesir kembangkan produk kopi dan rempah

Wapres Ma'ruf Amin saat meninjau produk unggulan UMKM pesantren di Pondok Pesantren Salaf Al-Quran (PPSQ) Asy-Syadzili 1 Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (28/6/2024). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Wapres

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengajak para santri pondok pesantren (ponpes) untuk belajar dari kesuksesan Mesir dalam mengekspor produk kopi rempah ke berbagai negara.

Hal itu disampaikan Wapres saat meninjau produk unggulan UMKM pesantren di Pondok Pesantren Salaf Al-Quran (PPSQ) Asy-Syadzili 1 Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim), Jumat.

Dalam kunjungannya, Wapres menyoroti stan dari Ponpes Bahrul Magfiroh yang memamerkan produk kopi rempah. Ia membandingkan dengan kopi rempah dari Mesir yang sukses menembus pasar Eropa dan Amerika.

"Pasarnya sudah ke mana? Mesir itu, itu kopi yang sudah diolah dengan rempah. Kopi Mesir di Eropa dan Amerika tetapi Mesir tidak punya kopi, tidak punya rempah. Kopinya dari sini (Indonesia). Dia (Mesir) hanya mengolah saja tetapi keluarnya jadi kopinya Mesir," kata Wapres dikutip dari keterangan Biro Pers Sekretariat Wapres yang diterima di Jakarta.

Oleh karena itu, Wapres pun menekankan pentingnya inovasi dalam pengolahan produk untuk meningkatkan daya saing di pasar internasional.

"Coba kalian berinovasi, cari itu, kopi Mesir, rasanya seperti apa, buat, tandingi. Kalau bisa lebih bagus. Bisa menguasai Eropa dan Amerika," ucap Wapres.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres juga mengapresiasi terhadap berbagai produk unggulan yang dipamerkan oleh pondok pesantren dan SMK mulai dari olahan makanan, produk pertanian hingga teknologi.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres minta santri belajar dari Mesir kembangkan produk kopi rempah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024