Presiden Jokowi: Harga alkes-obat-obatan agar bisa diturunkan

id Menkes Budi Gunadi Sadikin, Presiden Joko Widodo, industri alat kesehatan dan obat-obatan

Presiden Jokowi: Harga alkes-obat-obatan agar bisa diturunkan

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/7/2024). ANTARA/Rangga Pandu

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meminta jajaran anggota kabinet memastikan harga alat kesehatan (alkes) dan obat-obatan dapat ditekan turun agar setara dengan negara-negara lain.

Hal itu disampaikan Presiden dalam rapat internal bersama menteri terkait, di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, sebagaimana disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

"Beliau minta harga alkes dan obat itu sama dong dengan negara-negara tetangga. Kan kita harga alkes dan obat mahal," kata Menkes Budi di Istana Kepresidenan Jakarta.

Budi menyampaikan Presiden juga berpesan agar industri alat kesehatan dan obat-obatan dalam negeri dapat dibangun agar lebih tangguh, terutama jika terjadi pandemi kembali di masa-masa mendatang.

"Jadi tadi dibahas satu-satu kenapa obat dan alkes tinggi. Kami kasih masukan mungkin dari sisi jalur perdagangan kita ada inefisiensi dan tata kelola perlu lebih transparan dan terbuka, sehingga tidak ada peningkatan harga yang tidak perlu dalam pembelian alkes dan obat," jelasnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden minta harga alkes dan obat-obatan dapat ditekan turun
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024