Sleman laksanakan khitanan massal tingkatkan kesehatan anak

id Khitan massal Sleman ,Dinkes Sleman ,Bupati Sleman ,Sleman

Sleman laksanakan khitanan massal tingkatkan kesehatan anak

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo memberikan dukungan kepada anak-anak yang mengikuti kegiatan khitan masal di Klinik Pratama Adera Sleman, Sabtu (13/7/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kesehatan setempat melaksanakan kegiatan khitanan masal di Klinik Pratama Adera sebagai upaya untuk mendukung peningkatan kesehatan anak di wilayah itu.

Kegiatan yang diikuti 100 anak tersebut dibuka dan ditinjau oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Bupati Sleman menyampaikan bahwa acara khitan masal menjadi salah satu upaya peningkatan kualitas kesehatan di Kabupaten Sleman, dengan menanamkan tujuan kebersihan kepada anak sehingga diharapkan semakin banyak anak-anak yang paham akan pentingnya pelaksanaan khitan.

"Dengan khitan, insya Allah anak akan terhindar dari berbagai risiko penyakit. Ini menjadi awal yang bagus. Insya Allah juga sekaligus meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Kabupaten Sleman," katanya.

Kustini mengimbau kepada orangtua dan pendamping, agar selalu menanamkan norma-norma kebaikan kepada anak.

"Seiring dengan pertambahan usia mereka diharapkan orangtua dapat semakin bijak dalam mendidik anak-anak," katanya.

Menurut dia, dengan bijak dalam mendidik anak maka diharapkan anak-anak Kabupaten Sleman dapat terhindar dari dampak negatif pergaulan bebas.

"Saya titip agar anak-anak dididik secara tepat, sesuai dengan usia mereka dan sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Sebagai orangtua, mari kita dampingi agar anak-anak kita terhindar dari pergaulan yang buruk," katanya.

Pelaksana tugas Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Dini Melani mengatakan khitan masal ini diikuti 100 anak dan dilaksanakan di enam klinik binaan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

"Selain khitan juga dilaksanakan bakti sosial (baksos) pemasangan 60 IUD, kemudian ada baksos lansia dan disabilitas yang kemarin sudah terlaksana beberapa hari lalu," katanya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat Kabupaten Sleman.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024