Kemendikbudristek ungkap edugames bangun kesiapsiagaan bencana pada siswa di tanah air

id Kemendikbudristek ,Perubahan iklim,Siap siaga bencana,edugames

Kemendikbudristek ungkap edugames bangun kesiapsiagaan bencana pada siswa di tanah air

Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana (Seknas SPAB) Kemendikbudristek bersama multipihak mengedukasi mengenai dampak perubahan iklim melalui materi pendidikan dengan pendekatan gim (edugames) pada kegiatan GenerAksi Journey Exhibition di Jakarta pada Kamis (8/8/2024). (ANTARA/Hana Kinarina)

Jakarta (ANTARA) -
Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek mengatakan materi pendidikan dengan pendekatan gim (edugames) dapat menjadi sarana untuk membangun kesiapsiagaan bencana pada peserta didik.
 
Kepala Puspresnas Kemendikbudristek Maria Veronica Irene menerangkan perubahan sikap sejatinya datang dari internalisasi aktivitas atau perilaku yang dilakukan berulang-ulang, seperti memainkan gim.

Oleh karena itu, ia yakin kesadaran tentang dampak perubahan iklim serta sikap kesiapsiagaan bencana dapat tumbuh di kalangan peserta didik bila mereka mengakses materi yang sama berulang kali tanpa paksaan.

“Perubahan sikap adalah suatu pengetahuan yang terinternalisasi dan ditunjukkan melalui sikap perbuatan perilaku. Jadi Coba nanti dalam satu tahun adik-adik memainkan gim ini, besar kemungkinan kalian jadi nggak mau buang sampah sembarangan lagi,” kata Maria dalam kegiatan GenerAksi Journey Exhibition di Jakarta, Kamis.
 
 
Sebab, katanya, industrialisasi gim online juga telah mendapat dukungan dari pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional. Berkenaan dengan hal itu, pemerintah mendukung pengembangan berbagai gim online yang sudah memenuhi standarisasi pemerintah, baik dari sisi rating usia, keamanan, hingga materi pengetahuan yang dimuat di dalamnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbud: Edugames bangun kesiapsiagaan bencana pada siswa
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024