Jateng mendorong pembukaan rute penerbangan ke Karimunjawa genjot kunjungan wisman

id Karimunjawa, kepulauan Karimunjawa, wisata Karimunjawa, pariwisata Jateng, kspn, kawasan strategis pariwisata nasional

Jateng mendorong pembukaan rute penerbangan ke Karimunjawa genjot kunjungan wisman

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah Agung Hariyadi. (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

Semarang (ANTARA) - Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah mendorong pembukaan rute penerbangan langsung ke Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jateng, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Kami lihat Karimunjawa potensial untuk meningkatkan kunjungan wisawatan, terutama mancanegara," kata Kepala Disporapar Jateng Agung Hariyadi, di Semarang, Selasa.

Apalagi, Kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Jateng yang sangat potensial untuk destinasi wisata.

Ia menyebutkan tingkat kunjungan wisatawan ke Karimunjawa rata-rata sekitar 3.000 orang setiap pekan yang terlihat dari trafik Kapal Motor (KM) Bahari Express dan Kapal Pelni.

Diakuinya, akses menuju ke Karimunjawa selama ini hanya bisa ditempuh melalui jalur laut dengan kapal, yakni dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Jepara.

Selama ini, kata dia, para pengunjung biasanya menempuh jalur darat ke Semarang atau Jepara, dilanjutkan laut untuk menuju Karimunjawa sehingga cukup menguras waktu dan tenaga.

Karena itu, Disporapar Jateng berupaya menggandeng PT Angkasa Pura untuk pembukaan rute penerbangan langsung ke Bandara Dewandaru di Karimunjawa untuk memudahkan akses transportasi wisatawan.

"Di sana (Karimunjawa, red.) ada Dewandaru Airport. 'Runway'-nya juga sangat memadai untuk pesawat ATR (avions de transport regiona), masih memungkinkan," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024