Hujan deras disertai petir terpa Indonesia

id bmkg, prakiraan cuaca, hujan harian

Hujan deras disertai petir terpa Indonesia

Arsip- Kilatan petir menyambar dari langit saat hujan deras mengguyur Kota Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA/M Riezko Bima Elko Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - BMKG meminta semua pihak mewaspadai potensi hujan deras disertai petir dan angin kencang pada  Minggu.

Prakirawan BMKG Ida Pramuwardani dalam laporan yang dipantau di Jakarta, menjabarkan bahwa waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi pada wilayah Aceh (Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, dan Kota Subulussalam), Kalimantan Timur (Penajam Paser Utara, Balikpapan).

Selanjutnya Kalimantan Utara (Bulungan Malinau, Tana Tidung), Maluku (Maluku Tangah, Seram barat dan timur), Maluku Utara (Halmahera Tengah, barat, selatan, timur, utara, Pulau Morotai, Tidore Kepulauan).

Kemudian wilayah Papua (Mimika, Yahukimo), Papua Barat (Maybrat, Kabupaten Sorong, Kota Sorong), Sulawesi Tengah (Buol, Tolitoli), Sumatera Utara (Humbang Hasudutan, Pakpak Bharat),

Peringatan dini dampak angin kencang dan petir juga berpotensi menyasar untuk Kota Ambon dan Medan dengan suhu 23-26 derajat Celcius.

Hujan ringan diprakirakan melanda Kota Jambi, Pontianak, dan Sofifi dengan suhu 25-30 derajat Celcius.

Untuk prediksi cuaca berawan tebal akan terjadi di Kota Padang, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Bengkulu, Palembang, Pangkalpinang, Palangka Raya, Samarinda, Banjarmasin, Tanjung Selor, Kupang, Manado, Gorontalo, Palu, Mamuju, Makassar, Jayapura dan Manokwari.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Waspada potensi hujan deras disertai petir dan angin kencang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024