Warga Kalirase menggelar kirab budaya semarakkan HUT RI

id Merti Dusun Kalirase ,Wabup Sleman ,HUT ke-79 RI ,Sleman

Warga Kalirase menggelar kirab budaya semarakkan HUT RI

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat menghadiri kirab budaya merti dusun di Kalirase, Trimulyo, Sleman, Minggu (18/8/2024). ANTARA/HO-Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Warga Kalirase, Kalurahan (setingkat desa) Trimulyo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar kegiatan kirab budaya merti dusun dalam rangka memperingati dan menyemarakkan Hari Ulang Tahun Ke-79 Republik Indonesia, Minggu.

Kirab budaya merti dusun yang merupakan tradisi tahunan itu bertujuan untuk menyucikan desa dan memohon berkah kepada Tuhan Yang Maha Esa tersebut dihadiri langsung Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa.

Rangkaian acara dimulai dengan kirab berbagai gunungan hasil bumi, tumpeng dan ubarampe lainnya yang dibawa keliling dusun oleh warga dengan diiringi gamelan dan tarian tradisional, menambah semarak suasana.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengapresiasi semangat kebersamaan dan kekompakan masyarakat Dusun Kalirase dalam melestarikan tradisi leluhur.

"Kegiatan seperti ini diharapkan dapat terus dilaksanakan sebagai upaya untuk memperkuat identitas dan jati diri bangsa," katanya.

Menurut dia, kirab budaya merti dusun ini bukan hanya sekadar acara seremonial, tetapi juga menjadi momentum untuk merefleksikan kembali makna kemerdekaan.

"Melalui kegiatan ini, kita diajarkan untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa," katanya.

Selain kirab, dalam acara ini juga digelar berbagai kegiatan lainnya seperti lomba permainan tradisional, pentas seni, dan bazar UMKM.

Lurah (Kepala Desa) Trimulyo Kholik Harmoko mengatakan tujuan kirab dan berbagai acara tersebut untuk memberikan hiburan bagi masyarakat dan sekaligus mempromosikan produk-produk lokal.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kirab budaya merti dusun, dan berharap acara ini dapat semakin meriah dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kalurahan (Desa) Trimulyo.

"Kami berharap kegiatan yang sarat dengan budaya ini dapat menjadi salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Sleman. Dengan demikian, selain melestarikan budaya, kita juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024