BSKDN Kemendagri menyoroti pentingnya peran PLBN dalam ketahanan nasional

id BSKDN,PLBN

BSKDN Kemendagri menyoroti pentingnya peran PLBN dalam ketahanan nasional

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 RI di PLBN Motaain Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Belu, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (17/8/2024). ANTARA/HO-BSKDN Kemendagri.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo menyoroti pentingnya peran Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dalam ketahanan nasional.

“Kita juga menginginkan agar kawasan PLBN tumbuh dan berkembang menjadi kekuatan pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di sekitar PLBN,” kata Yusharto sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu.

Ia menggarisbawahi hal itu ketika memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 RI di PLBN Motaain Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Belu, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (17/8). Upacara tersebut dihadiri oleh TNI, Polri, Pemerintah Timor Leste, serta masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Yusharto membacakan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian terkait “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Peran penting perbatasan dalam menjaga ketahanan nasional dan kedaulatan negara menjadi salah satu hal yang disoroti dalam sambutan tersebut.

Lebih lanjut, Yusharto berharap, kawasan PLBN dapat menjadi salah satu pintu ekspor nasional, guna membanjiri negara tetangga dengan berbagai komoditas hasil produksi dalam negeri.

Untuk mewujudkan hal tersebut, rantai pasok logistik dalam negeri sampai kawasan perbatasan harus terus diperkuat. Selain itu, upaya peningkatan nilai tambah hasil produksi juga harus terus dilakukan, termasuk kerajinan masyarakat perbatasan dan pemasarannya ke negara tetangga.

"Kita meyakini pemerintah yang akan datang akan menjadikan semangat masyarakat perbatasan negara sebagai beranda dan halaman depan negara, sebagai visi pengelolaan perbatasan negara," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BSKDN soroti pentingnya peran PLBN dalam ketahanan nasional
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024