UKM Taekwondo UAD meraih prestasi gemilang dalam kejuaraan nasional dan internasional

id uad,taekwondo

UKM Taekwondo UAD meraih prestasi gemilang dalam kejuaraan nasional dan internasional

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta bersama pelatih dan pembina (ANTARA/HO-UAD)

Yogyakarta (ANTARA) - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mengukir prestasi membanggakan dengan meraih total 35 medali dari dua kejuaraan taekwondo bergengsi tingkat nasional dan internasional pada bulan Agustus 2024, yaitu UGM Taekwondo Championship dan Heroes Taekwondo International Championship.

Kepala Bidang Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa UAD Danang Sukantar MPd mengatakan bahwa pada UGM Taekwondo Championship 2024 yang diselenggarakan di GOR Pancasila UGM Yogyakarta pada 10-11 Agustus, UKM Taekwondo UAD berhasil memperoleh 20 medali, terdiri atas 10 emas, 3 perak, dan 7 perunggu.

"Kejuaraan ini diikuti oleh 1.300 atlet dari berbagai daerah di Indonesia. Pada ajang ini atlet taekwondo UAD berhasil menjadi atlet terbaik Kyorugi Senior Putri atas nama Nafisa Anindya Kusumo," katanya di Kampus 4 UAD Yogyakarta, Senin.

Melanjutkan torehan prestasi, kata Pembina UKM Taekwondo UAD Dr Hadi Suyono, tim UAD berhasil meraih 15 medali pada Heroes Taekwondo International Championship 2024 yang digelar di Assumption University of Thailand pada 10-12 Agustus. Rincian perolehan medali terdiri atas 7 emas, 3 perak, dan 5 perunggu.

"Kejuaraan internasional ini diikuti oleh 2.517 atlet dari lima benua yang terdiri atas 30 negara," katanya.
 
Pelatih Kepala UKM Taekwondo UAD Kholid Wahyudi mengatakan kunci kesuksesan tim atlet UKM Taekwondo melalui latihan reguler tiga kali seminggu, ditambah dengan Latihan Training Center (TC) dan latihan fisik mandiri.

"Kunci kesuksesan lain memperoleh dukungan sepenuhnya dari pelatih, pengurus, pembina, Bimawa UAD, dan Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UAD," katanya.

Ketua UKM Taekwondo UAD Abdul Rozaq mengatakan prestasi ini semakin memantapkan posisi UKM Taekwondo UAD sebagai salah satu tim taekwondo berprestasi di tingkat nasional dan internasional.

Sebelumnya, tim ini telah meraih berbagai medali di kejuaraan bergengsi seperti Ganesha Taekwondo Piala Kemenpora 2024 dan Kejurnas ATF Universitas Indonesia Taekwondo Championship 2023.

"UKM Taekwondo UAD berharap prestasi ini dapat terus ditingkatkan di masa mendatang. Caranya seluruh atlet berlatih dengan sungguh-sungguh dan memperbaiki kualitas manajemen organisasi untuk mengelola berbagai event kejuaraan di tingkat nasional maupun internasional," katanya.