Icipi nikmatnya kuliner legendaris di Festival Kampoeng Tempo Doeloe

id Kuliner,Kampoeng Tempo Doeloe,Java Loenpia,Asinan & Rujak Juhi Pak Tata,Bebek Sinjay Bangkalan Madura,Martabak Kubang Ha

Icipi nikmatnya kuliner legendaris di Festival Kampoeng Tempo Doeloe

Pintu masuk festival kuliner Kampoeng Tempo Doeloe yang digelar mulai tanggal 16 Agustus hingga 29 September 2024 di La Piazza, Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Pusat. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)

Jakarta (ANTARA) - JF3 Food Festival kembali menggelar festival kuliner Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) dan menghadirkan ragam kuliner Nusantara yang digelar di La Piazza, Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Pusat, pada tanggal 16 Agustus hingga 29 September 2024.
 
Berikut rekomendasi menu makanan legendaris yang dapat dicoba di festival kuliner Kampoenh Tempo Doeloe 2024.
 
1. Java Loenpia 1870
 
Java Loenpia 1870 merupakan salah satu pelopor lunpia atau lumpia khas Semarang yang telah berdiri sejak abad ke-19. Awalnya, ada seorang pendatang dari Fujian, China bernama Tjoa Thay Joe yang menikah dengan perempuan Indonesia bernama Wasih.
Gerai Java Loenpia di festival kuliner Kampoeng Tempo Doeloe yang digelar mulai tanggal 16 Agustus hingga 29 September 2024 di La Piazza, Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Pusat. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
 
Pasangan tersebut membuat lunpia dengan menyesuaikan selera lidah dari masyarakat Semarang yang mayoritas beragama Islam. Mereka pun mengombinasikan rebung, telur, udang, dan dibumbui dengan bawang putih, gula jawa, lada, sehingga menciptakan menu lunpia yang kini telah dikenal luas oleh masyarakat.
 
2. Asinan dan Rujak Juhi Pak Tata
 
Asinan dan rujak juhi merupakan salah satu makanan khas Betawi yang mendapat banyak pengaruh dari budaya Tionghoa. Rujak juhi merupakan makanan yang menggunakan juhi, yakni cumi-cumi yang telah melalui proses fermentasi dan dikeringkan sebagai bahan utamanya.
 
Rujak juhi sendiri menggunakan saus kacang yang segar serta kerupuk mie sebagai tambahan. Salah satu menu asinan dan rujak juhi legendaris yang patur dicoba adalah Asinan & Rujak Juhi Pak Tata yang telah berdiri sejak tahun 1978.
 
 
3. Bebek Sinjay Bangkalan Madura
 
Salah satu makanan legendaris yang tidak boleh dilewatkan di festival Kampoeng Tempo Doeloe adalah Bebek Sinjay Bangkalan Madura. Restoran khusus menu bebek yang telah berdiri sejak tahun 2002 itu akhirnya hadir di Jakarta, tepatnya di festival Kampoeng Tempo Doeloe untuk 45 hari ke depan.
 
Di sana, pengunjung dapat menikmati paket nasi bebek seharga Rp55 ribu, sedangkan menu bebeknya saja dibanderol sebesar Rp50 ribu. Menu-menu di atas sudah termasuk sambal dan lalapan sayur sebagai pelengkap.
 
 
4. Martabak Kubang Hayuda
 
Martabak Kubang Hayuda merupakan martabak mesir yang diperkenalkan oleh saudagar dari Kubang bernama H. Yusri Darwis pada tahun 1971 dengan nama martabak mesir Kubang. Namun, kata mesir pada menu tersebut akhirnya diganti menjadi hayuda karena masalah hak paten.
 
 
5. Ronde Jahe Alkateri
 
Terakhir, sajian menu legendaris yang dapat dicoba di festival Kampoeng Tempo Doeloe adalah gerai Ronde Jahe Alkateri. Ronde Jahe Alkateri telah berdiri sejak tahun 1984 di Kota Bandung, Jawa Barat.
 

 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mencicipi makanan legendaris di festival Kampoeng Tempo Doeloe
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024