Rusia beberkan Ukraina coba serang PLTN Kursk dengan pesawat nirawak

id Rusia,Ukraina,PLTN Kursk,IAEA

Rusia beberkan Ukraina coba serang PLTN Kursk dengan pesawat nirawak

Arsip foto - Rusia mengumumkan keadaan darurat di wilayah Kursk karena situasi yang menegangkan di wilayah tersebut, kata Kementerian Keadaan Darurat Rusia pada Jumat (9/8/2024). ANTARA/Xinhua/pri. (ANTARA/Xinhua) (ANTARA/Xinhua)

Istanbul (ANTARA) - Rusia pada Jumat mengeklaim bahwa Ukraina mencoba menyerang PLTN Kursk dengan serangan pesawat nirawak, sementara wilayah perbatasan terus menyaksikan serangan oleh Kiev yang diluncurkan lebih dari dua minggu lalu.

"Pada malam 22 Agustus 2024, rezim Kiev berusaha melakukan tindakan terorisme nuklir dengan pesawat nirawak kamikaze di PLTN yang terletak di Kurchatov, wilayah Kursk," kata sumber lembaga penegak hukum, menurut kantor berita negara Rusia TASS.

Sumber tersebut mengatakan pesawat nirawak (drone) Ukraina yang digunakan selama serangan itu ditembak jatuh di "sekitar" PLTN oleh sistem peperangan elektronik Rusia.

Mengomentari insiden tersebut, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan kepada TASS bahwa dugaan serangan itu memerlukan tanggapan segera dari Badan Energi Atom Internasional (IAEA), dan mendefinisikan dugaan serangan itu sebagai "tindakan terorisme nuklir."

Sehari sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengeklaim bahwa Ukraina mencoba menyerang PLTN Kursk, dan bahwa Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah diberitahu tentang situasi tersebut.



Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rusia klaim Ukraina coba serang PLTN Kursk dengan pesawat nirawak
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024