Kemendikbudristek ungkap membangun SDM berkualitas beridentitas Indonesia

id SDM berkualitas,identitas Indonesia,kebudayaan,Kementerian Kebudayaan

Kemendikbudristek ungkap membangun SDM berkualitas beridentitas Indonesia

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid dalam diskusi publik “Kebudayaan dan Industri Budaya” dengan tema "Indonesia di tengah arus dunia" yang diselenggarakan di M Bloc Space, Jakarta, Senin (2/9/2024). (ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hilmar Farid menyampaikan pentingnya membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dengan identitas Indonesia jika pemerintahan baru serius menginginkan pembentukan Kementerian Kebudayaan.

“Kalau kita perhatikan diskusi di tingkat global itu, satu hal yang hilang atau terlewat yaitu identitas Indonesia, jadi bagaimana menciptakan orang-orang dengan keterampilan yang tinggi tetapi rasa Indonesia dan identitas kebangsaannya kuat, dan itu tugas kalau Kementerian Kebudayaan berdiri, nomor satu itu, harus bisa dicapai dan menjadi indikator kinerja utamanya,” kata Hilmar dalam diskusi publik di M Bloc Space, Jakarta, Senin.

Ia mencontohkan, Kemendikbudristek memiliki program profil pelajar Pancasila dengan enam ciri yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinnekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

“Silakan berdiskusi apakah ini perwujudan yang diharapkan atau tidak, tetapi poinnya adalah kita perlu manusia-manusia yang siap menghadapi berbagai macam tantangan global itu dengan akar Indonesia,” ucapnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Penting bangun SDM berkualitas dengan identitas Indonesia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024