Ini kiat kurangi konsumsi gula pada anak

id gula,diabetes,kesehatan anak

Ini kiat kurangi konsumsi gula pada anak

Dokter spesialis anak dan konsultan gizi dr Yoga Devaera, Sp.A(K) (tengah) menyampaikan paparannya dalam acara Ngobras (Ngobrol Sehat) di Plaza Sentral, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2024). (ANTARA/Farika Khotimah)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis anak dan konsultan gizi dr Yoga Devaera, Sp.A(K) menyampaikan bagaimana lingkungan dan kebiasaan dapat memengaruhi preferensi anak terhadap rasa manis dalam acara “Ngobras (Ngobrol Sehat): Meluruskan Miskonsepsi Gula pada Nutrisi Anak” di Plaza Sentral Jakarta, Selasa.

Menurut dr Yoga, kesukaan terhadap rasa manis seringkali terbentuk sejak dini dan dapat bertahan hingga dewasa jika tidak diintervensi dengan tepat.

"Sumber kalori yang sering disukai anak-anak adalah rasa manis. Tetapi, kesukaan ini juga sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Jika anak terbiasa dengan makanan atau minuman manis, kebiasaan ini bisa terus terbawa hingga dewasa,” kata dokter anak dari RS UI itu.

Dokter Yoga memberikan panduan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi konsumsi gula pada anak secara bertahap.

"Jika sudah telanjur, kita bisa memulai pelan-pelan, untuk anak-anak, mengurangi gula perlu dilakukan secara bertahap. Misalnya, jika biasanya mereka minum susu dengan dua sendok makan gula, kita bisa mulai menguranginya sedikit demi sedikit," sarannya.

Dokter Yoga juga menekankan pentingnya strategi pengalihan secara bertahap. Misalnya, anak yang terbiasa minum susu dengan rasa tertentu, seperti stroberi atau cokelat, sebaiknya tidak langsung diberi susu putih.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Cara mengurangi konsumsi gula pada anak
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024