Debat pertama caapres AS, Trump tuduh Harris anti-Israel

id debat calon presiden,trump,harris,israel,gaza

Debat pertama caapres AS, Trump tuduh Harris anti-Israel

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) dan kandidat dari Partai Demokrat, Kamala Harris, serta mantan Presiden dan calon dari Partai Republik, Donald Trump, akan berhadapan dalam debat presiden pertama mereka di Philadelphia, Pennsylvania, pada Selasa (10/9/2024), yang diprediksi akan menjadi perdebatan sengit. /ANTARA/Anadolu/PY

Washington (ANTARA) - Debat pertama calon presiden Amerika Serikat pada Selasa menampilkan calon presiden partai Republik yang juga mantan presiden Donald Trump menuduh calon presiden partai Demokrat sekaligus Wakil Presiden Kamala Harris memiliki sikap anti-Israel.

"Dia membenci Israel," kata Trump. "Jika dia menjadi presiden, saya yakin Israel tidak akan ada dalam waktu dua tahun dari sekarang."

"Dia bahkan tidak mau bertemu dengan (Perdana Menteri Israel Benjamin) Netanyahu ketika dia pergi ke Kongres untuk menyampaikan pidato yang sangat penting," lanjutnya.

"Pada saat yang sama, dengan caranya sendiri, dia membenci penduduk Arab," kata Trump, "karena seluruh tempat itu akan hancur: orang Arab, orang Yahudi, Israel. Israel akan lenyap."

Namun tuduhan itu ditanggapi Harris dengan mengatakan dirinya mendukung Israel sepanjang karir dan hidupnya.

Harris menanggapi dengan mengatakan bahwa hal itu "sama sekali tidak benar."

"Sepanjang karier dan hidup saya mendukung Israel dan rakyat Israel," katanya.

Ia mengatakan Israel memiliki hak untuk mempertahankan diri, termasuk terhadap ancaman dari Iran dan proksinya, tetapi menambahkan bahwa cara melakukannya yang penting.



Sumber: Anadolu


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Debat pertama calon presiden AS, Trump tuduh Harris anti-Israel
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024