Menkominfo sebut kebijakan afirmasi dukung industri pusat data

id Menkominfo ,Budi Arie ,Pusat Data ,Data Center

Menkominfo sebut kebijakan afirmasi dukung industri pusat data

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi (dua kiri) dalam diskusi "Mengatasi Tantangan dan Memanfaatkan Peluang di Sektor Komunikasi dan Informatika Indonesia" di Jakarta, Jumat (30/8/2024). (ANTARA/Adimas Raditya)

Jakarta (ANTARA) -
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyatakan bahwa kebijakan afirmasi diperlukan untuk mendukung industri pusat data (data center) sebagai salah satu penggerak utama ekonomi dan teknologi di masa depan.

"Dengan ketentuan ini, kami yakin dapat menghadirkan penyediaan layanan yang andal, melindungi kepentingan nasional, dan memperkuat potensi pasar industri penyedia pusat data," kata Budi Arie dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Menteri Budi mengatakan, peningkatan pertumbuhan industri pusat data menjadi bagian dari strategi percepatan transformasi digital nasional.

Untuk itu, pemerintah berkomitmen menghadirkan terobosan kebijakan afirmatif karena potensi Indonesia sebagai hub dalam industri pusat data regional dan internasional.

Kebijakan afirmatif diperlukan untuk memperkuat iklim investasi, meningkatkan persaingan usaha, dan menjawab kebutuhan publik melalui inovasi sektor industri pusat data

Ia menyatakan, pemerintah akan memperkuat Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE), serta penyusunan Rancangan Peraturan Menteri Kominfo tentang Penyelenggaraan Sistem Elektronik untuk Lingkup Publik.

Menteri Budi Arie juga membuka peluang bagi ketentuan yang mengatur pusat data sektor privat, yaitu PP PSTE dan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sistem Elektronik (PSE) untuk Lingkup Privat.

 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menkominfo: Kebijakan afirmasi dukung industri pusat data
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024