Kabupaten Berau Kaltim diguncang gempa M 5,6

id gempa bumi,gempa kaltim,sesar kaltim,sesar berau,gempa berau,gempa darat

Kabupaten Berau Kaltim diguncang gempa M 5,6

Peta menunjukkan gempa tektonik magnitudo 2,8 pada kedalaman delapan kilometer di darat pada jarak 21 kilometer arah barat laut Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Jumat (24/2/2024). (ANTARA/HO-BMKG)

Balikpapan (ANTARA) - Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diguncang gempa bumi bermagnitudo 5,6 yang berlokasi di darat dengan pusat gempa di 147 km arah tenggara Kabupaten Berau, pada kedalaman 11 km pada Minggu (15/9) malam.

"Dengan memperhatikan lokasi episentrum dan kedalaman hiposentrum, gempa bumi yang terjadi di Kaltim merupakan jenis gempa bumi dangkal diduga akibat aktivitas sesar Mangkalihat," kata Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan Rasmid kepada ANTARA, di Balikpapan, Minggu.

Sesar Mangkalihat, menurutnya, merupakan salah satu sesar aktif dengan panjang hingga 100 kilometer. Sesar tersebut melintasi Kabupaten Berau.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ujarnya.

Rasmid mengatakan gempa bumi Sesar Mangkalihat itu diawali gempa magnitudo 4,1 pada pukul 19.28 Wita. Kemudian, dilanjutkan gempa M5,6 sekitar pukul 21.08 Wita.

"Hingga saat ini, tercatat sudah 10 kali gempa bumi susulan," katanya.

BMKG Balikpapan meminta masyarakat tetap waspada menyusul potensi gempa susulan masih dapat terjadi hingga Senin (16/9) pukul 01.00 Wita sampai pukul 03.00 Wita.







Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kabupaten Berau Kaltim diguncang gempa M 5,6 akibat Sesar Mangkalihat
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024