Tiga atlet Jateng perkuat ABG III

id sepak takraw asean

Tiga atlet Jateng perkuat ABG III

ilustrasi pertandingan sepak takraw (foto antaranews.com)

Semarang (ANTARA Jogja) - Tiga atlet sepak takraw Jawa Tengah bakal memperkuat Indonesia pada Asian Beach Games III di Haiyang, China, 16-27 Juni 2012.

Sekum Pengprov Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Jawa Tengah Hj. Siti Retno Farida di Semarang, Kamis, menyebutkan, ketiga atlet yang masuk tim ABG adalah Suko Hartono, Wisnu Dwi Suhantoro, dan Sugeng Syamsul Arifin.

Sebenarnya, kata dia, ada tiga atlet Jateng lain yang dipanggil masuk ada enam orang tetapi tiga lainnya yaitu Rohman Hidayat, Dini Mitasari, dan Mandeg Suharno.

Menurut Retno Farida yang juga Wakil Sekum KONI Jawa Tengah tersebut, Rohman Hidayat dan Dini Mitasari sedang menyelesaikan studinya, sedangkan Mandeg Suharno sedang menjalani penyembuhan cedera setelah operasi mata kaki.

"Jadi hanya tiga atlet Jateng yang masuk pelatnas yang digelar di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sejak 31 Maret 2012 hingga menjelang keberangkatan ke China mendatang," katanya.

 Ia menambahkan, ketiga atlet yang masuk pelatnas ABG ini sudah tidak asing lagi bagi dunia sepak takraw nasional karena mereka beberapa kali membela Indonesia dalam berbagai event internasional seperti kejuaraan sepak takraw dunia King's Cup di Thailand, SEA Games, Asian Games, dan lain sebagainya.

"Semua yang masuk pelatnas harus mempunyai rekam jejak yang bagus, seperti tiga atlet yang sekarang masuk pelatnas, mereka sudah bukan orang baru. Sebelumnya mereka sudah berlaga di PON, SEA Games dengan membawa medali," katanya.  
Pada Asian Beach Games III nanti, lanjutnya, para atlet ini akan memainkan nomor takraw "beach" putra/putri atau takraw pantai yang di mainkan oleh empat orang dalam satu tim, dengan dua orang pemain cadangan.

Ketika ditanya mengenai persiapan yang dilakukan menjelang keberangkatan ke Haiyang Cina, Ida mengungkapkan bahwa mengenai persiapan menghadapi lawan di kancah internasional tidak lagi menjadi wewenangnya melainkan wewenang pelatnas.

"Kalau sudah masalah pelatnas saya tidak tahu, karena saya mengurus atlet dari kabupaten/kota yang masuk ke provinsi. Tetapi dari dulu Jateng sudah menjadi langganan selalu mengirimkan atlet yang berpotensi ke pelatnas," katanya.

Tahun ini, lanjutnya, Jawa Tengah tidak mengirimkan atlet putri untuk masuk tim inti yang berlaga di ABG, karena satu-satunya atlet putri berprestasi yaitu Dini Mitasari sedang disibukkan dengan persiapan masuk universitas.

Saat ini, Pengprov PSTI Jawa Tengah membina 12 atlet putra dan 12 atlet putri dalam pelatda yang dipersiapkan tampil pada PON XVIII di Riau, 9-20 September 2012.
(U.H015)