ISTAF tawari Sumsel tuan rumah Kejuaraan Dunia

id sepak takraw palembang

ISTAF tawari Sumsel tuan rumah Kejuaraan Dunia

ilustrasi pertandingan sepak takraw (foto antaranews.com)

Palembang (Antara Jogja) - Federasi Sepak Takraw Internasional (ISTAF) kembali menawari Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Super Series 2013 karena keberhasilan menggelar ajang serupa pada 2012.

 "Persatuan Sepak Takraw Indonesia Sumatera Selatan telah menerima surat resmi dari International Sepak Takraw Federation mengenai tawaran menjadi tuan rumah. Sementara ini, Sumsel belum memberikan jawaban," kata Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Sumatera Selatan Islah Taufik Effendi di Palembang, Selasa.

Ia mengemukakan bahwa berbagai pihak terkait, seperti Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan KONI Sumsel harus melakukan pengkajian terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan karena dibutuhkan dana yang tidak sedikit.

"Untuk jadwal kegiatan, dirasakan tidak ada masalah karena berlangsung antara September dan Oktober atau setelah pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Meski demikian, tetap saja harus dipertimbangkan, apalagi Sumsel telah memiliki agenda olahraga internasional tahun ini," ujarnya.

Ia tak menampik tawaran itu kembali datang karena Sumsel sukses menggelar Kejuaraan Dunia Sepak Takraw di Palembang, 23--27 Februari 2012.

Kejuaraan dunia yang memanfaatkan arena olahraga bertaraf internasional Palembang Sport and Convention Centre (PSCC) itu mendapat sambutan meriah masyarakat setempat serta memuaskan para peserta.

Beberapa negara yang ambil bagian, yakni Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Cina Taipeh, Amerika Serikat, Jepang, Thailand, dan Korea Selatan.

"Tahun lalu, terdapat 20 negara yang jadi peserta. Jika Sumsel berkenan kembali, bisa dipastikan akan lebih banyak lagi karena telah memiliki nama di dunia internasional," katanya.

Sumsel memiliki sejumlah agenda olahraga tingkat nasional dan internasional sejak menjadi tuan rumah SEA Games XXVI pada tahun 2011.

Belum lama ini, daerah berpenduduk delapan juta jiwa itu menggelar Kejuaraan Internasional Triathlon dan Duathlon ITU Premium di Palembang pada tanggal 30--31 Maret 2013, Kejuaraan Voli Pantai Asia Pasifik (19--22 April 2013), Asian Baskelball League (26 April 2013), dan Kejuaraan Dunia Ski Air (3--5 Mei 2013).
(KR-DLY)
    

Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024