90 Tahun Tamansiswa ditandai peluncuran buku

id tamansiswa gelar peringatan

90 Tahun Tamansiswa ditandai peluncuran buku

Pendopo Agung Tamansiswa (ziarah-visual.blogspot.com)

Jogja (ANTARA Jogja) - Peringatan Hari Jadi Ke-90 Tamansiswa yang jatuh pada 3 Juli 2012 ditandai dengan peluncuran buku berjudul "Kebudayaan Mendesain Masa Depan" dan seminar bertema "Ekonomi Rakyat Bagian Kultur Indonesia" di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta.

Humas Panitia 90 Tahun Tamansiswa F.X. Koesworo di Yogyakarta, Selasa mengatakan bahwa pihaknya juga mengadakan upacara bendera di halaman Pendopo Agung Tamansiswa Yogyakarta, dan bertindak sebagai inspektur upacara adalah Ketua Umum Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa Ki Sri Edi Swasono.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Umum Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa Sri Edi Swasono saat menjadi inspektur upacara mengatakan Tamansiswa saat ini mulai memasuki masa besar yang ditandai kembalinya kebudayaan ke habitatnya di Departemen Pendidikan.

"Kembalinya kebudayaan itu merupakan perjuangan yang cukup panjang dan menjadi cita-cita Tamansiswa," katanya.

Saat ini, kata dia, Tamansiswa dihadapkan pada tantangan berat, yaitu berupa krisis kelembagaan sebab Tamansiswa tidak banyak dikenal orang.

"Upaya menghadapi tantangan berat itu hanya dapat dicapai dengan berjuang bersama seluruh keluarga besar Tamansiswa," katanya.

Rangkaian kegiatan peringatan 90 Tamansiswa diawali dengan ziarah ke makam pendiri Tamansiswa Ki Hajar Dewantara di Taman Makam Wijaya Brata, Yogyakarta, Senin (2/7).

Pada malam harinya, diadakan tirakatan, anjang kasih, dan sunatan massal, kemudian dilanjutkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Pendopo Agung Tamansiswa pada hari Sabtu (7/7).
(U.H008)