Triadi Fauzi atlet terbaik kejurnas renang

id triadi fauzi atlet

Triadi Fauzi atlet terbaik kejurnas renang

Triadi Fauzi Sidiq (Foto twitter.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Atlet renang Triadi Fauzi Sidiq terpilih menjadi atlet terbaik dari kategori senior pada Kejuaraan Nasional Renang Kelompok Umur 2014 di Jakarta, Sabtu.

Perenang Jawa Barat ini berhasil mengumpulkan delapan emas dan satu perak dalam Kejurnas yang berlangsung sejak 22 - 24 Mei 2014 ini.

Dari semua nomor yang diikutinya, ia keluar menjadi pemenang kecuali pada nomor 200 meter gaya bebas putra, ia menduduki juara dua.

Meski hampir menyapu bersih setiap nomor yang diikutinya, Triadi belum mampu memperbaiki catatan waktunya dalam Kejurnas ini.

Menurut dia, waktu penyelenggaraan yang berdekatan dengan berlangsungnya Kejuaraan Renang Malaysia Open pada awal Mei 2014 membuatnya tak bisa tampil optimal. "Kan habis lomba di Malaysia Open, setelah dari sana, tidak langsung progres," kata dia.

Triadi merupakan salah satu dari atlet pelatnas Asian Games. Ia mengatakan ingin ada pemusatan latihan untuk meningkatkan kekompakan para atlet.

Sementara pelatih renang nasional, Albert C. Sutanto menilai para atlet pelatnas Asian Games yang turun dalam Kejurnas ini memperlihatkan hasil yang baik. Para atlet yang dimaksud adalah Triadi Fauzi, Ricky Anggawijaya, I Gede Siman Sudartawa, Glenn Victor Sutanto, Dennis Tiwa dan Alexis Wijaya Ohmar. "Semua menunjukkan progres yang meningkat," kata Albert.

Untuk lebih meningkatkan kemampuan para atlet menjelang pelaksanaan Asian Games 2014, maka dalam ajang kejuaraan berikutnya yakni pada South East Asian Swimming Championships, mereka akan diturunkan pada nomor-nomor yang sesuai kemampuan terbaik masing-masing atlet tersebut sehingga para atlet bisa lebih memfokuskan diri dibandingkan dengan saat Kejurnas yang menuntut mereka untuk turun bertanding di beberapa nomor sekaligus.

"Di pertandingan selanjutnya, saya ingin mereka fokus ke nomor-nomor yang menjadi spesialisasi mereka masing-masing. Di SEA Champ kita akan lebih fokuskan ke nomor utama mereka," kata dia.

Sementara atlet terbaik putra dari Grup 1 yakni Ricky Anggawijaya (Jawa Barat) yang memperoleh 4 emas, 2 perak; dari Grup 2 yakni Erick Ahmad Fathoni (Jawa Tengah) dengan 5 emas, 2 perak, 2 perunggu; Grup 3 yakni Azel Zelmi (DKI) dengan 5 emas, 1 perak; dan pada Grup 4 diraih Dwi Arjuno Saputro (Jawa Tengah) dengan 6 emas, 1 perak.

Untuk atlet terbaik putri kategori senior diraih Kathriana Mella (DKI) dengan 3 emas. Dari Grup 1, ada Monaliza (Jabar) dengan 7 emas, 1 perak; dari Grup 2 yakni Livia Valiant (Jabar) dengan 3 emas, 1 perak, 1 perunggu; Grup 3 diraih Laila Siti (DKI) dengan 5 emas, 1 perak; dan atlet terbaik pada Grup 4 yakni Rahmalia Azahra (Kalimantan Timur) dengan satu emas.

(A064)

Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024