Sekolah vokasi UGM siap terima 2.400 mahasiswa

id vokasi ugm

Sekolah vokasi UGM siap terima 2.400 mahasiswa

Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (Foto lcdc.law.ugm.ac.id)

Sleman (Antara Jogja) - Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta setiap tahunnya menerima sekitar 2.400 mahasiswa.

"Pada 2015 ini Sekolah Vokasi UGM akan menerima 2.400 mahasiswa berbagai jurusan," kata anggota Tim Radhian Krisnaputra saat melakukan sosialisasi di Pemkab Sleman, Kamis.

Menurut dia, sampai saat ini jumlah mahasiswa vokasi UGM mencapai 8.000-an mahasiswa, karena sampai saat ini sudah tiga tahun penerimaan mahasiswanya.

"Sekolah Vokasi UGM meliputi beberapa jurusan yaitu jurusaan Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya yang meliputi D3 Bahasa Inggris, D3 Bahasa Prancis, D3 Bahasa Jepang, D3 Bahasa Korea, D3 Bahasa Mandarin, D3 Kearsipan, D3 Kepariwisataan," katanya.

Ia mengatakan, di samping jurusan tersebut masih ada beberapa jurusan yaitu Layanan dan Informasi Kesehatan yang meliputi D4 Bidan Pendidik, dan D3 Rekam Medis. Kemudian Jurusan Teknologi Kebumian yang meliputi D3 Teknik Geomatika dan D3 Penginderaan Jauh dan sitem Informasi Geografi.

"Jurusan yang lain Teknik Elektro dan Informatika meliputi D3 Teknik Elektro, D3 Metrologi dan Instrumantasi, D3 Komputer dan Sistem Informasi, D3 Elektronika dan Instrumentasi dan D4 Teknologi Jaringan," katanyanya.

Sedangkan Jurusan Ekonomi dan Bisnis meliputi D3 Akuntansi, D3 Manajemen, D3 Ekonomi Terapan. Teknik Sipil meliputi D3 Teknik Sipil, D4 Teknologi Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil.

"Jurusan Teknologi Hayati dan Veteriner meliputi D3 Agroindustri, D3 Pengelolaan Hutan dan D3 Kesehatan Hewan. Juga jurusan Teknik Mesin meliputi D3 Teknik Mesin, dan D4 Teknologi Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat," katanya.

Ia mengatakan, untuk penerimaan mahasiswa melalu beberapa jalur yaitu jalur penelusuran Bibit Unggul (undangan) yang meliputi PBUTM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu) yang diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi.

"Kemudian PBUK (Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan). PBUB (Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi), PBUSMAK (Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah dan Kejuruan)," katanya.

Radhian mengatakan, penerimaan mahasiswa melalui ujian tulis untuk dua gelombang.

"Mengenai prosedur pendaftaran , calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Maandiri, BNI, BRI, atau BTN, pada 3 Pebruari 2015 sampai 4 Mei 2015, sebesar Rp100.000, (PBUTM), Rp250.000, (PBUB dan PBUSMAK) Rp350.000, (PBUK)," katanya.

Pendaftaaran juga bisa melalui Login ke situs http:um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran dan pilihan program studi (dapat memilih tiga program studi sesuai urutan prioritas keminatan).

Mengunggah berkas pendaftaran dan semua persyaratan disertai bukti prestasi pendukung (sertifikat, piagam, dan lain-lain) pada situs di atas.

"Pendaftaran dilaksanakan 3 Pebruari hingga 5 Mei 2015 (hari terakhir pendaftaran ditutup pada pukul 15.00 WIB). Informasi lengkap dapat dilihat di website :pmb.sv.ugm.ac.id)," katanya.

Ia mengatakan, ketentuan pemilihan prodi bagi siswa SMA/MA jurusan IPA dapat memilih semua Program studi. Siswa SMA/MA jurusan IPS dapat memilih semua program studi, kecuali teknik ekeltro, teknik mesin, teknik sipil, D4 teknologi jaringan, D4 teknik pengelolaan dan perawatan alat berat, D4 teknik pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur Sipil, Agroindustri, elektronika, dan instrumentasi (ELINS), metrologi dan instrumentasi.

"Sementara untuk siswa SMK memilih program studi yang memiliki kesesuaian dengan bidang kejuaruannya," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024