Museum Sonobudoyo Yogyakarta dilengkapi taman

id museum sonobudoyo

Museum Sonobudoyo Yogyakarta (Foto Antara/dok)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Museum Sonobudoyo Yogyakarta di Jalan Trikora Kota Yogyakarta akan dilengkapi dengan taman atau ruang terbuka hijau untuk mengurangi kesan bangunan kuno dan suram.

"Dalam proses renovasi gedung Museum Sonobudoyo akan dibuat banyak taman dan ruang terbuka hijau. Dengan konsep ini maka kesan kuno dan seram bisa diganti dengan kenyamanan," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Sonobudoyo Riharyani, Sabtu.

Menurut dia, taman dan ruang terbuka hijau tersebut rencananya berada di tengah antarbangunan. Tepatnya di sisi belakang eks gedung KONI DIY.

"Dengan banyak taman maka pengunjung nyaman dan bisa menikmati museum," katanya.

Ia mengatakan selama ini museum dipandang tempat kuno. Apalagi bangunan utamanya yang memang warisan dari zaman penjajahan Belanda dan termasuk situs cagar budaya.

"Selain itu juga akan dibuat kedai minum yang tidak menimbulkan limbah sehingga kenyamanan dan kebersihan bisa tetap terjaga. Bukan sejenis minuman kemasan sehingga tidak menimbulkan limbah atau sampah," katanya.

Selain melakukan rehabilitasi gedung eks KONI, katanya, tahun ini di unit 2 Sonobudoyo Condrokiranan akan diperbaiki. Di lokasi tersebut akan dijadikan kantor serta "storage" atau tempat penyimpanan koleksi.

"Pengunjung tetap bisa menikmati koleksi museum di unit 2 Sonobudoyo Condrokiranan. Namun hanya mereka yang mempunyai tujuan khusus, semisal saja melakukan penelitian. Dalam pemindahan barang dari Museum Sonobudoyo ke unit 2 Condrokiranan nanti butuh waktu lama, sekitar tiga sampai empat bulan. Tidak sekadar diangkut truk, tetapi dikawal, packing mengundang kargo," katanya.

Ia mengatakan, dalam renovasi dua gedung ini akan berjalan selama enam bulan dan diperkiraka akan selesai pada akhir 2016.

"Selain dua gedung tersebut, nantinya juga masih ada lainnya. Seperti membuat jalan masuk dari pintu belakang," katanya.

Renovasi dua gedung ini, kata dia, merupakan proses Museum Sonobudoyo agar bisa setingkat museum internasional. Yaitu semua fasilitas yang dibutuhkan pengunjung, baik lokal maupun mancanegara bisa terpenuhi.***4***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar