Kulon Progo akan gelar Nyadran Agung

id nyadran

Kulon Progo akan gelar Nyadran Agung

Kabupaten Kulon Progo (Foto Istimewa)

Kulon Progo, 10/5 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyelenggarakan Nyadran Agung 2017 untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo Untung Waluyo di Kulon Progo, Rabu, mengatakan Nyadran Agung akan diselenggarakan dalam bentuk kirab yang diikuti perwakilan OPD, BUMN, BUMD, sejumlah bergada prajurit, 12 kecamatan, 87 desa, satu kelurahan serta organisasi masyarakat.

"Kirab yang menjadi acara puncak ini akan menampilkan 20 gunungan termasuk gunungan berisi 999 apes, tumpeng, dan hasil bumi," katanya.

Ia mengatakan rangkaian Nyadran Agung yang dilaksanakan pada Jumat (19/5) dan Sabtu (20/5) itu juga akan diikuti sekitar 500 santri dari 25 pondok pesantren se-Kulon Progo. Kehadiran mereka akan didahului dengan pentas hadrah.

"Mereka akan mengikuti doa serta mujahadah bersama, bersama ratusan peserta lainnya," kata dia.

Untung mengatakan rangkaian ditutup dengan pergelaran wayang kulit semalam suntuk, dengan salah satu dalang cilik dari Sogan, Wates yaitu Helmy, dengan lakon Lahire Gatot Kaca.

Ia berharap kegiatan ini dapat mendatangkan banyak pengunjung dan wisatawan dan bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami berharap kegiatan budaya ini menjadi agenda tahunan dan menjadi daya tarik wisatawan lokal dan nasional," katanya. ***4***