Obama sempat "menanggap" Pertunjukan Wayang Di Yogyakarta

id Obama di Yogyakarta

Obama sempat "menanggap" Pertunjukan Wayang Di Yogyakarta

Presiden Amerika Serikat Barack Obama (antaranews.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama sempat memesan pementasan pertunjukan wayang kulit dengan lakon "Aji Narantaka" pada malam terakhir menginap di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Kamis (29/6) malam.

General Manager Hotel Tentrem Mey Nurnaningsih saat ditemui di Yogyakarta, Jumat, mengatakan pertunjukan wayang kulit dengan lakon "Aji Narantaka" dibawakan oleh Agustinus Sardjono Hadisurjo, dalang penyandang tunanetra sekaligus perajin wayang kulit asal Gunung Kidul.

"Setelah makan malam beliau (Obama) langsung menonton pertunjukan wayang kulit," kata Mey.

Mantan Presiden ke-44 Amerika Serikat itu, kata Mey, menikmati pertunjukan seni tradisional jawa tersebut bersama-sama dengan istrinya Michelle Obama, dua putrinya Malia dan Natasha, serta adiknya Maya Soetoro sekeluarga di Executive Lounge mulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Pementasan wayang kulit dengan lakon "Aji Narantaka" dibawakan oleh Agustinus Sardjono dengan menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa. Lakon "Aji Narantaka" mengisahkan pertarungan tokoh wayang Dursala, putera dari Dursasana yang dengan aji geninya mengalahkan Gatotkaca. "Ceritanya diringkas," kata dia.

Menurut dia, Agustinus Sardjono membawa serta tim pemain musik tradisional gamelan dengan total 25 orang untuk mengiringi pertunjukan wayang yang ia pentaskan.

"Meraka antusias menikmati pertunjukan itu sampai selesai," kata dia.

Mey mengatakan Obama sangat terkesan dan menghargai kekayaan Budaya Indonesia serta meminta budaya ini terus dipertahankan. "Ia meminta budaya ini terus dipertahankan," kata dia.

Mey mengaku baru kali pertama mendapat pesanan pementasan wayang kulit oleh tamu di hotelnya. Bagi Mey, ke depan justru pengalaman itu dapat dijadikan model untuk dipromosikan kepada setiap pengunjung hotel bintang lima itu. "Ini menjadi inspirasi bagi kami," kata dia.

Setelah menyelesaikan agenda liburannya di Yogyakarya sejak 28 Juni, Obama dan keluarga meninggalkan hotel bintang lima itu pada Jumat (30/6) pukul 10.51 WIB dan beralih menuju Bogor, Jawa Barat dengan agenda bertemu Presiden Joko Widodo.

(T.L007)