Tol Jakarta-Cikampek tambah gardu transaksi antisipasi kemacetan

id Tol Jakarta-Cikampek tambah gardu transaksi antisipasi kemacetan

Tol Jakarta-Cikampek tambah gardu transaksi antisipasi kemacetan

Pintu Tol Bekasi Barat, ruas Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, DOK (ANTARA FOTO/Risky Andrianto/ama/16)

Bekasi (Antara) - Operator Tol Jakarta-Cikampek mengintensifkan operasi layanan transaksi tol guna mengantisipasi kepadatan kendaraan selama libur panjang perayaan Idul Adha 1438 Hijriah mulai Kamis pagi.

"Ada peningkatan kapasitas Gerbang Tol (GT), kami akan melakukan penambahan gardu operasi untuk memperlancar arus kendaraan yang mengantre dalam bertransaksi pembayaran," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru di Bekasi, Kamis.

Menurut dia, Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama dari yang awalnya sebanyak 13 unit gardu masuk, kini ditambah menjadi 20 gardu.

Sementara untuk gardu keluar yang awalnya hanya 21 gardu ditambah menjadi 31 gardu keluar dengan memanfaatkan gardu 'reversible' dan 'portable'.

Dia memprediksi sekitar 93.000 unit kendaraan akan meninggalkan Jakarta via GT Cikarang Utama untuk  berlibur di daerah.

Menurut dia, peningkatan berkisar 19 persen dari situasi normal itu berpotensi menimbulkan kepadatan lalu lintas di sejumlah titik, termasuk gardu pembayaran tol.

Dikatakan Dwimawan, petugas di lapangan juga mendorong pemanfaatan transaksi nontunai guna mempercepat proses pembayaran.

"Ada peningkatan penggunaan uang elektronik di jalan tol dengan pemberian diskon pada seluruh ruas jalan tol Jasa Marga dan kelompok usahanya sebesar 10 persen untuk periode 28 Agustus hingga 3 September 2017 di wilayah Jabodetabek dan Bandung," katanya.

Dwimawan menambahkan, pihaknya juga berupaya meminimalkan gangguan lalu lintas akibat pelaksanaan sejumlah proyek infrastruktur tol.

"Jasa Marga akan melakukan pembatasan kegiatan proyek yang mengganggu kelancaran arus lalu lintas selama periode libur kali ini selama periode 31 Agustus hingga 3 September 2017," katanya.

"Kami mengimbau kepada pengguna jalan agar memanfaatkan informasi kondisi lalu lintas terkini yang bisa diakses melalui Jasa Marga Traffic Information Center pada nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA, Live Streaming www.jasamargalive.com dan Mobile Apps JMCARe," katanya.***3***(KR-AFR)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar