Kelurahan akan dilengkapi "card reader" e-KTP

id e-KTP

Card reader untuk membaca E-KTP ((ANTARA/Joko Sulistyo))

Yogyakarta (Antara) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta akan melengkapi fasilitas pelayanan kependudukan di tingkat kelurahan dengan "card reader" untuk membaca data yang tersimpan dalam "chip" kartu tanda penduduk elektronik.

"Sudah kami anggarkan pengadaannya melalui anggaran murni 2018. Harapannya sudah bisa direalisasikan triwulan pertama," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta Sisruwadi di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Sisruwadi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta mengalokasikan anggaran sekitar Rp500 juta untuk pengadaan 50 unit "card reader" tahun depan.

Sebanyak 45 "card reader" akan dibagikan ke seluruh kelurahan yang ada di Kota Yogyakarta sedangkan lima alat yang lain akan diberikan kepada organisasi perangkat daerah yang membutuhkan.

Sisruwadi mengatakan, "card reader" merupakan fasilitas yang sangat penting dan harus dimiliki wilayah atau organisasi perangkat daerah untuk mendukung pelayanan publik.

"Melalui peralatan tersebut, petugas bisa membaca data kependudukan yang tersimpan di `chip` kartu tanda penduduk elektronik. Dengan demikian, petugas bisa memastikan bahwa data yang tercetak di KTP dengan data yang tersimpan di chip adalah sama dan benar," katanya.

Ia mencontohkan, layanan perizinan membutuhkan "card reader" untuk memastikan bahwa pemohon adalah pemilik kartu tanda penduduk elektronik dan data yang tersimpan juga benar.

Saat ini, baru kecamatan dan beberapa organisasi perangkat daerah yang memiliki "card reader".

"Saya kira, fasilitas yang masih kurang tinggal `card reader` saja. Di seluruh kecamatan, peralatan untuk mendukung layanan kependudukan bahkan sudah lengkap. Mulai dari perekaman data penduduk hingga pencetakan sudah lengkap semua," kata Sisruwadi.

(E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar