PT KAI ikut kenalkan kopi nusantara

id kopi

PT KAI ikut kenalkan kopi nusantara

Kopi Indonesia (antaranews.com)

Yogyakarta, (Antaranews Jogja) - PT KAI ikut memperkenalkan beragam kopi nusantara melalui festival "Ngopi Bareng KAI" yang digelar di 13 stasiun, khusus di Stasiun Tugu Yogyakarta diikuti 40 anjungan yang menampilkan beragam kopi nusantara.

"Kopi sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat pada saat ini. Sehingga kami pun ingin ikut mempromosikan kopi nusantara dari pengusaha lokal agar mereka semakin maju," kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro saat membuka festival "Ngopi Bareng KAI" di halaman Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, PT KAI memiliki kekuatan untuk ikut mempromosikan kopi nusantara karena jumlah penumpang yang diberangkatkan menggunakan moda transportasi kereta dalam satu tahun sangat banyak. Sepanjang 2017, PT KAI tercatat memberangkatkan sekitar 376 juta penumpang.

Edi menyebut, dengan jumlah penumpang yang sangat banyak tersebut maka promosi kopi nusantara melalui stasiun-stasiun akan mampu memberikan dampak pada perkembangan usaha kopi lokal.

"Ini hanya awalnya saja. Ke depan, harus ada kegiatan rutin dan bisa menyasar pada produk-produk lokal lain. Dengan demikian, produk lokal semakin dikenal dan dicintai," kata Edi yang mengaku menggemari kopi dan rutin minum kopi tanpa gula.

Sementara itu, Anggota Komunitas Kopi yang ikut terlibat dalam festival "Ngopi Bareng KAI" Anggidita mengatakan, kendala yang dihadapi pelaku usaha kopi lokal adalah pada promosi.

"Dengan adanya kegiatan promosi seperti sekarang ini, tentu akan membantu pelaku usaha kopi lokal untuk ikut mempromosikan produknya. Dari beberapa pelaku usaha, sudah ada peningkatan penjualan," katanya.

Selain peningkatan dari sisi penjualan, lanjut dia, keuntungan lain yang diperoleh pelaku usaha adalah merk yang dimiliki semakin dikenal masyarakat. "Kami pun berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas," katanya.

Meskipun demikian, lanjut dia, dari berbagai jenis kopi nusantara yang ada di Indonesia, jenis kopi luwak masih menjadi favorit konsumen.

Sementara itu, dalam acara "Ngopi Bareng KAI" yang digelar selama dua hari pada Selasa (30/1) hingga Rabu (31/1) akan dibagikan 50.000 gelas kopi secara gratis untuk penumpang dan masyarakat umum.

Selain itu barista lokal juga akan menemani perjalanan pengguna jasa KA dengan menyuguhkan kopi gratis untu 100 penumpang pertama yang dapat menunjukkan aplikasi KAI Access generasi terbaru di telepon selular mereka.

Pada Selasa (30/1), terdapat 57 perjalanan kereta yang akan ditemani barista untuk memberikan kopi gratis ke penumpang dan pada Rabu (31/1) terdapat 23 perjalanan kereta api. ***3***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024